SEMARANG, iNews.id - KAI Daop 4 Semarang mencatat sebanyak 34 perjalanan kereta api (KA) dari Semarang ke Jakarta maupun Surabaya mengalami keterlambatan imbas insiden KA Purwojaya anjlok di emplasemen Stasiun Kedunggedeh, Kabupaten Bekasi.
Saat ini, jalur KA tersebut sudah Kembali normal setelah dua rangkaian KA tersebut selesai dievakuasi. Namun, kecepatan KA masih dibatasi. PT KAI masih melakukan upaya-upaya normalisasi perjalanan KA dan meminimalisir kelambatan.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan bahwa berbagai bentuk komitmen dalam menjaga kenyamanan dan hak pelanggan, KAI Daop 4 Semarang memastikan bahwa pelayanan kepada penumpang tetap menjadi prioritas utama.
“Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mengirimkan pesan WhatsApp (WA)/ SMS blast kepada pelanggan terdampak untuk memberikan informasi terkini mengenai posisi kereta, estimasi keterlambatan, pola operasi, dan informasi lainnya. Dari WA Blast tersebut penumpang KA dapat memutuskan apakah menghendaki melanjutkan perjalanan atau membatalkan tiketnya,” katanya dilansir dari semarang.inews.id, Minggu (26/10/2025).
KAI juga memberikan service recovery sesuai ketentuan yang berlaku, serta melayani pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen di luar bea pesan bagi pelanggan yang mengalami keterlambatan keberangkatan dari stasiun lebih dari satu jam dan memilih untuk membatalkan perjalanannya.
“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan akibat gangguan perjalanan ini. KAI terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan menyampaikan informasi secara proaktif melalui WA blast dan koordinasi lintas Daop agar pelanggan mendapatkan kepastian jadwal perjalanan,” kata Franoto.
Berikut daftar KA berangkat dari stasiun Daop 4 Semarang yang mengalami kelambatan imbas gangguan perjalanan KA di Kedunggedeh pada Minggu (26/10), per pukul 09.30 WIB:
Daftar 34 KA Terlambat
- KA 38 (Brawijaya) relasi Gambir-Malang
- KA 246 (Majapahit) relasi Pasarsenen-Malang
- KA 42 (sembrani) Relasi Gambir-Surabaya Pasarturi
- KA 32 (pandalungan) Relasi Gambir-Surabaya Pasarturi
- KA 260 (Tawang Jaya) relasi Pasarsenen-Semarang Poncol
- KA 28 (Argo Merbabu) relasi Gambir-Semarang Poncol
- KA 4 (Argo Bromo Angrek) relasi Gambir-Surabaya Pasarturi
- KA 268 (Banyubiru) relasi Semarang Tawang-Solo Balapan
- KA 180 (Tawangjaya Premium) relasi Pasarsenen-Semarang Tawang
- KA 203 (Tegal Bahari) relasi Tegal-Pasarsenen
- KA 29F (Argo Anjasmoro) relasi Surabaya Pasarturi-Gambir
- KA 119 (Gunungjati) relasi Semarang Tawang-Gambir
- KA 21A (Argo Muria) relasi Semarang Tawang-Gambir
- KA 269 (Matarmaja) relasi Malang-Pasarsenen
- KA 271 (Airlangga) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen
- KA 25 (Argo Merbabu) relasi Semarang Tawang-Gambir
- KA 163 (Gumarang) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen
- KA 151 (Brantas) relasi Blitar-Pasarsenen
- KA 91 (Jayabaya) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen
- KA 37 (Brawijaya) relasi Malang-Gambir
- KA 31 (Pandalungan) relasi Surabaya Pasarturi-Gambir
- KA 41 (Sembrani) relasi Surabaya Pasarturi-Gambir
- KA 3 (Argo Bromo Anggrek) relasi Surabaya Pasarturi-Gambir
- KA 259 (Tawang Jaya) relasi Semarang Poncol-Pasarsenen
- KA 27 (Argo Merbabu) relasi Semarang Poncol-Gambir
- KA 179 (Tawang Jaya Premium) relasi Semarang Tawang-Pasarsenen
- KA 177 (Manoreh) relasi Semarang Tawang-Pasarsenen
- KA 145 (Blambangan Ekspres) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen
- KA 245 (Majapahit) relasi Malang-Pasarsenen
- KA 253 (Kertajaya) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen
- KA 165 (Dharmawangsa) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen
- KA 23 (Argo Merbabu) relasi Semarang Tawang - Gambir
- KA 203 (Tegal Bahari) relasi Tegal-Pasarsenen
- KA 175 (Menoreh) relasi Semarang Tawang-Pasarsenen
KAI mengimbau pelanggan untuk selalu memperbarui informasi perjalanan melalui Contact Center KAI 121 (telepon 021-121), WhatsApp KAI: 081-122-233-121, Email: cs@kai.id dan Media sosial resmi KAI 121 di Instagram, Twitter (X), dan Facebook dengan akun terverifikasi serta mengikuti arahan petugas di stasiun.
Editor : Kastolani Marzuki
Artikel Terkait