SEMARANG, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang mengumumkan adanya pembatalan dan perubahan relasi beberapa perjalanan kereta api pada Rabu (29/10/2025). Langkah ini dilakukan akibat genangan air atau banjir di kilometer 2+3 hingga 3+0 pada jalur hulu dan hilir antara Stasiun Alastua-Semarang Tawang.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menjelaskan, keputusan ini diambil untuk mendukung proses normalisasi jalur dan penguraian kelambatan perjalanan kereta api.
“KAI Daop 4 Semarang menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak atas pembatalan perjalanan tersebut,” ujarnya dikutip dari iNews Semarang, Rabu (29/10).
Per pukul 05.00 WIB, terdapat empat perjalanan KA yang dibatalkan sementara akibat kondisi ini.
Daftar 4 Perjalanan Kereta Api Dibatalkan Sementara:
- KA 496 Kedung Sepur relasi Semarang Poncol (SMC) – Ngrombo (NBO)
- KA 495 Kedung Sepur relasi Ngrombo (NBO) – Semarang Poncol (SMC)
- KA 268 Banyubiru relasi Semarang Tawang (SMT) – Solo Balapan (SLO)
- KA 267 Banyubiru relasi Solo Balapan (SLO) – Semarang Tawang (SMT)
Franoto menegaskan langkah ini merupakan keputusan operasional untuk memastikan keselamatan perjalanan dan efektivitas proses normalisasi lintas kereta. Selain pembatalan, dua perjalanan KA mengalami perubahan relasi (rute) sebagai penyesuaian operasional sementara:
Daftar Perjalanan KA Ubah Rute:
- KA 261 Blora Jaya dari relasi Cepu – Semarang Poncol menjadi Cepu – Alastua
- KA 266 Ambarawa Ekspres dari relasi Semarang Poncol – Surabaya menjadi Alastua – Surabaya
KAI memastikan petugas di lapangan telah disiagakan untuk memberikan informasi dan bantuan kepada penumpang yang terdampak perubahan relasi maupun pembatalan perjalanan tersebut.
Sebagai bentuk tanggung jawab pelayanan, KAI memberikan pengembalian biaya tiket sebesar 100 persen, di luar bea pemesanan, bagi pelanggan yang telah membeli tiket perjalanan yang dibatalkan.
“Proses pengembalian dapat dilakukan di loket stasiun atau melalui Contact Center 121. Pengajuan klaim dapat dilakukan hingga maksimal H+7 dari tanggal keberangkatan,” katanya.
KAI juga mengimbau pelanggan agar terus memperbarui informasi perjalanan melalui Contact Center 121, WhatsApp 0811-222-33-121, email cs@kai.id, dan akun media sosial resmi @KAI121 di Instagram, X, serta Facebook yang telah terverifikasi.
Kabar baiknya, kondisi genangan air di jalur Alastua–Semarang Tawang kini mulai menurun. Petugas KAI Daop 4 Semarang terus melakukan pemantauan intensif dan upaya normalisasi agar seluruh jalur dapat segera digunakan kembali secara normal.
Sejak Selasa (28/10) malam, jalur tersebut sudah bisa dilalui kereta api dengan bantuan lokomotif BB 304 dan CC 300 yang dikirim dari Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Semarang, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub.
Sebelumnya, jalur tersebut tidak dapat dilalui karena tinggi air melebihi batas toleransi sehingga menyebabkan keterlambatan dan perubahan pola operasi sejumlah kereta.
KAI memastikan seluruh langkah operasional dilakukan dengan prioritas utama pada keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang.
Editor : Donald Karouw
Artikel Terkait