Kebakaran kapal di Dermaga Pelabuhan Niaga PT Pelindo III Cabang Tegal di Mintaragen, Tegal Timur, Sabtu (29/1/2022). Foto: iNews/Yunibar.
Yunibar, Angga Rosa

TEGAL, iNews.id – Sebanyak 13 unit kapal yang sedang sandar di Dermaga Pelabuhan Niaga PT Pelindo III Cabang Tegal di Mintaragen, Tegal Timur terbakar, Sabtu (29/1/2022). Diduga kebakaran disebabkan hubungan arus pendek (korsleting listrik) pada jaringan kelistrikan salah satu kapal.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi, titik api berasal dari salah satu kapal yang sedang sandar. Api dengan cepat menjalar karena di dalam kapal banyak terdapat barang yang mudah terbakar. 

"Api cepat menjalar dan merembet ke kapal-kapal lain yang jaraknya sangat dekat. Ada 13 kapal yang terbakar," kata Rahmad Hidayat. 

Petugas pemadam kebakaran bersama personel TNI, Polri dan masyarakat berjibaku untuk memadamkan kobaran api dan mencegah meluasnya kebakaran. "Kami sedang membuka jalur untuk mengamankan ratusan kapal yang sedang sandar agar tidak ikut terbakar," ujarnya.

Kapolres menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Sedangkan kerugian material akibat kebakaran masih dalam penghitungan. "Tidak ada korban. Kami berusaha menyelamatkan ratusan kapal lain yang sedang sandar agar tidak terbakar," ucapnya. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT