KAI meminta maaf kepada calon pelanggan KA akibat keterlambatan perjalanan imbas anjloknya KA Purwojaya (IST)

SEMARANG, iNews.idPT KAI Daop 4 Semarang meminta maaf kepada seluruh calon penumpang akibat keterlambatan perjalanan kereta api imbas insiden KA Purwojaya anjlok di emplasemen Stasiun Karanggedeh, Bekasi. 

KAI juga memberikan service recovery sesuai ketentuan yang berlaku, serta melayani pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen di luar bea pesan bagi pelanggan yang mengalami keterlambatan keberangkatan dari stasiun lebih dari satu jam dan memilih untuk membatalkan perjalanannya.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan akibat gangguan perjalanan ini. KAI terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan menyampaikan informasi secara proaktif melalui WA blast dan koordinasi lintas Daop agar pelanggan mendapatkan kepastian jadwal perjalanan,” kata Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo, dilansir dari semarang.inews.id, Minggu (26/10/2025).

Saat ini, jalur KA tersebut sudah Kembali normal setelah dua rangkaian KA tersebut selesai dievakuasi. Namun, kecepatan KA masih dibatasi. PT KAI masih melakukan upaya-upaya normalisasi perjalanan KA dan meminimalisir kelambatan. 

Franoto Wibowo mengatakan, berbagai bentuk komitmen dalam menjaga kenyamanan dan hak pelanggan, KAI Daop 4 Semarang memastikan bahwa pelayanan kepada penumpang tetap menjadi prioritas utama. 

“Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mengirimkan pesan WhatsApp (WA)/ SMS blast kepada pelanggan terdampak untuk memberikan informasi terkini mengenai posisi kereta, estimasi keterlambatan, pola operasi, dan informasi lainnya. Dari WA Blast tersebut penumpang KA dapat memutuskan apakah menghendaki melanjutkan perjalanan atau membatalkan tiketnya,” katanya.

KAI mencatat sebanyak 34 perjalanan kereta api (KA) dari Semarang ke Jakarta maupun Surabaya mengalami keterlambatan imbas insiden KA Purwojaya anjlok di emplasemen Stasiun Kedunggedeh, Kabupaten Bekasi. Berikut daftar KA berangkat dari stasiun Daop 4 Semarang yang mengalami kelambatan imbas gangguan perjalanan KA di Kedunggedeh pada Minggu (26/10), per pukul 09.30 WIB:

  1. KA 38 (Brawijaya) relasi Gambir-Malang
  2. KA 246 (Majapahit) relasi Pasarsenen-Malang KA 42 (sembrani) Relasi Gambir-Surabaya Pasarturi 
  3. KA 32 (pandalungan) Relasi Gambir-Surabaya Pasarturi
  4. KA 260 (Tawang Jaya) relasi Pasarsenen-Semarang Poncol 
  5. KA 28 (Argo Merbabu) relasi Gambir-Semarang Poncol
  6. KA 4 (Argo Bromo Angrek) relasi Gambir-Surabaya Pasarturi
  7. KA 268 (Banyubiru) relasi Semarang Tawang-Solo Balapan
  8. KA 180 (Tawangjaya Premium) relasi Pasarsenen-Semarang Tawang
  9. KA 203 (Tegal Bahari) relasi Tegal-Pasarsenen 
  10. KA 29F (Argo Anjasmoro) relasi Surabaya Pasarturi-Gambir  
  11. KA 119 (Gunungjati) relasi Semarang Tawang-Gambir
  12. KA 21A (Argo Muria) relasi Semarang Tawang-Gambir
  13. KA 269 (Matarmaja) relasi Malang-Pasarsenen
  14. KA 271 (Airlangga) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen
  15. KA 25 (Argo Merbabu) relasi Semarang Tawang-Gambir
  16. KA 163 (Gumarang) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen
  17. KA 151 (Brantas) relasi Blitar-Pasarsenen
  18. KA 91 (Jayabaya) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen
  19. KA 37 (Brawijaya) relasi Malang-Gambir
  20. KA 31 (Pandalungan) relasi Surabaya Pasarturi-Gambir  
  21. KA 41 (Sembrani) relasi Surabaya Pasarturi-Gambir 
  22. KA 3 (Argo Bromo Anggrek) relasi Surabaya Pasarturi-Gambir 
  23. KA 259 (Tawang Jaya) relasi Semarang Poncol-Pasarsenen
  24. KA 27 (Argo Merbabu) relasi Semarang Poncol-Gambir
  25. KA 179 (Tawang Jaya Premium) relasi Semarang Tawang-Pasarsenen
  26. KA 177 (Manoreh) relasi Semarang Tawang-Pasarsenen
  27. KA 145 (Blambangan Ekspres) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen 
  28. KA 245 (Majapahit) relasi Malang-Pasarsenen
  29. KA 253 (Kertajaya) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen  
  30. KA 165 (Dharmawangsa) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen 
  31. KA 23 (Argo Merbabu) relasi Semarang Tawang - Gambir
  32. KA 203 (Tegal Bahari) relasi Tegal-Pasarsenen 
  33. KA 175 (Menoreh) relasi Semarang Tawang-Pasarsenen

KAI mengimbau pelanggan untuk selalu memperbarui informasi perjalanan melalui Contact Center KAI 121 (telepon 021-121), WhatsApp KAI: 081-122-233-121, Email: cs@kai.id dan Media sosial resmi KAI 121 di Instagram, Twitter (X), dan Facebook dengan akun terverifikasi serta mengikuti arahan petugas di stasiun. 


Editor : Kastolani Marzuki

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network