Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam acara launching pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) muda PKS di Kota Magelang, Jawa Tengah (7/11/2021). (foto: IST)
Ahmad Antoni

MAGELANG, iNews.id  - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) serius melibatkan anak muda dalam kancah politik. PKS menilai kreativitas serta semangat yang dimiliki anak muda sangat diperlukan dalam upaya pembangunan bangsa saat ini. 

Hal itu disampaikan oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam acara launching pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) muda PKS di Kota Magelang, Jawa Tengah (7/11/2021).

“Kami melihat bahwa kreativitas anak muda sangat diperlukan dalam memecahkan solusi kebangsaan. Sehingga banyak pos-pos politik yang sudah seharusnya diisi anak muda,”  kata Syaikhu. “Untuk itu PKS membuka kesempatan tersebut melalui pendaftaran caleg muda,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, berdasarkan statistik dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, diprediksi usia produktif kembali mendominasi pada pemilu 2024 dengan jumlah 191.570.000 penduduk atau 67,9 persen dari total penduduk. Di mana sekitar 85juta penduduk merupakan usia 17-35tahun.

Dia menilai bahwa pemilih muda cenderung akan memilih wakil rakyat yang mampu mewakili ide-ide serta kreatifitas anak muda, atau bahkan mewakili generasinya. Untuk itu, perlu sekiranya PKS untuk melibatkan anak muda dalam pemilu 2024 nanti.

“Dengan banyaknya anak muda yang terlibat, bahkan duduk di kursi legislatif maka diharapkan proses demokrasi dan pemerintahan kita ke depan akan memiliki wajah-wajah dan ide baru yang lebih fresh” katanya.

Sementara itu Ketua DPW PKS Jateng Muh. Haris bahwa PKS Jateng menargetkan komposisi caleg muda sebanyak 15 persen dari total caleg PKS di Jateng. Dan sebagai bentuk keseriusan maka beberapa caleg muda akan mendapatkan prioritas dalam pencalonan ke depan.

“Bentuk komitmen kami adalah akan memberikan nomor prioritas kepada beberapa caleg muda. Karena menurut kami anak muda bukan hanya sebagai alat penggaet suara, tetapi adalah wakil dari generasi muda itu sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, keterlibatan anak muda di PKS bukan semata-mata mendekati pemilu. PKS Jawa Tengah sendiri sudah membentuk komunitas-komunitas kecil berbasis hobi yang mayoritas diisi oleh anak muda.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT