Personel tim SAR gabungan saat mengevakuasi pendaki Gunung Sindoro yang mengalami cedera kaki dengan tandu, Sabtu (7/5/2022) dini hari. Foto: Ist.
Angga Rosa

TEMANGGUNG, iNews.id - Seorang pendaki Gunung Sindoro mengalami cidera kaki akibat terpeleset di kawasan pos tiga jalur pendakian Grasindo, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Korban berhasil dievakuasi tim SAR gabungan dalam kondisi selamat, Sabtu (7/5/2022) dini hari.

Identitas pendaki bernama Rahardia Parnanda (46) warga Jalan Yusufiah 46 RT 1 RW 06, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Sebelum kejadian, korban dalam perjalanan turun dari puncak Gunung Sindoro pada Jumat (6/5/2022) malam sekitar pukul 20.00 WIB. 

“Ketika sampai kawasan pos 3, survivor terpeleset dan mengalami cidera kaki kanan, sehingga tidak bisa jalan dan membutuhkan pertolongan evakuasi,” kata Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suahartanto. 

Setelah mendapat informasi tersebut, pihaknya menginstruksikan Koordinator pos SAR Wonosobo Rindang untuk memberangkatkan satu tim rescue untuk melakukan evakuasi. 

Tim SAR gabungan selanjutnya naik menuju pos tiga dengan ketinggian kurang lebih 2.300 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan membutuhkan waktu sekitar dua jam. Setelah menemukan korban, tim SAR langsung memeriksa kondisinya.

"Suvivor mengalami cedera pada kaki kanan harus di tandu untuk bisa turun. Pukul 01.00 WIB berhasil dibawa turun sampai bawah dengan kondisi selamat," ujarnya. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT