2 Dokter Spesialis di Kota Pekalongan Sembuh dari Covid-19

Suryono Sukarno ยท Senin, 11 Mei 2020 - 15:34:00 WIB
2 Dokter Spesialis di Kota Pekalongan Sembuh dari Covid-19
Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz (Foto: iNews/Suryono Sukarno)

PEKALONGAN, iNews.id - Dua dokter spesialis di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) yang sempat terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri telah dinyatakan sembuh. Kabar baik sembuhnya dua dokter tersebut sampaikan Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz, Senin (11/5/2020).

“Terkait update perkembangan Covid-19 di Kota Pekalongan per tanggal 10 Mei sore dan hari ini masih tetap sama. Alhamdulillah untuk kasus positif Covid-19 dan dinyatakan sembuh bertambah menjadi empat orang, dua di antaranya merupakan dokter asal Kota Pekalongan,” ucap Saelany.

Saelany menjelaskan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Pekalongan sebanyak 211 orang. Sebanyak 15 orang masih dalam proses pemantauan dan 196 telah selesai dipantau. Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sejumlah enam orang, bertambah dua orang dari semula empat orang. Mereka masih dirawat di RSUD Bendan Kota Pekalongan.

“Dua PDP masih dirawat, tiga orang sudah diperbolehkan pulang dan sehat, dan satu orang meninggal dunia beberapa waktu lalu," ucapnya.

Sedangkan untuk kasus terkonfirmasi positif ada satu penambahan yang semula 12 orang menjadi 13 orang. Rinciannya, tujuh di antaranya merupakan warga Kota Pekalongan yang terpapar Covid-19 setelah pulang mengikuti kegiatan Ijtima Ulama di Gowa, Sulawesi Selatan. Kemudian empat orang sembuh dan dua meninggal dunia asal luar Kota Pekalongan.

Saelany menilai, keberhasilan kedua dokter ini sembuh dari Covid-19 tak lepas dari dukungan warga sekitar.

“Terlebih, beberapa pihak yang telah terlibat dan warga sekitar yang telah mendukung dan memberikan doa untuk kesembuhan dokter-dokter tersebut," ucapnya.

Bagi para perantau, Saelany meminta untuk tidak mudik terlebih dahulu. Sementara warga Kota Pekalongan dan sekitarnya diimbau selalu mematuhi pemerintah yang telah ditetapkan seperti menjaga jarak physical distancing, memakai masker dan rutin cuci tangan.

Editor : Nani Suherni