2 Lokalisasi di Kendal dan Semarang Ditutup, Ratusan PSK Terima Kompensasi Rp6 Juta

Eddie Prayitno ยท Selasa, 19 November 2019 - 16:45:00 WIB
2 Lokalisasi di Kendal dan Semarang Ditutup, Ratusan PSK Terima Kompensasi Rp6 Juta
Sejumlah PSK Lokalisasi Gambilangu Kendal mengisi daftar hadir untuk menerima dana tali asih atas penutupan lokalisasi tersebut, Selasa (19/11/2019). (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Dua lokalisasi di perbatasan Kendal-Semarang, Jawa Tengah ditutup, Selasa (19/11/2019). Penutupan dua lokalisasi itu ditandai penandatangan komitmen para PSK dan pemberian tali asih sebesar Rp6 juta per orang.

Penutupan dua lokalisasi ini dilakukan Bupati Kendal Mirna Annisa dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Setelah ditutup, ratusan PSK di kompleks Lokalisasi Gambilangu Dusun Mlaten Atas Kaliwungu Kendal dan Dukuh Rowosari Atas Kelurahan Mangkang Kulon Kecamatan Tugu Kota Semarang dilarang melakukan praktik prostitusi di lokasi tersebut.

Bupati Mirna Annisa mengatakan, penutupan dua lokalisasi itu sebagai langkah Indonesia bebas lokalisasi prostitusi 2019.

Menurut dia, pascapenutupan lokalisasi ini nantinya tempat tersebut akan dimanfaatkan untuk hal-hal yang baik. “Rencananya untuk pusat kuliner maupun kerajinan yang nantinya akan dibahas oleh tim sembilan Pemkot Semarang dan Pemkab Kendal mengingat lokasi yang berdekatan,” katanya.

Ketua Rehabilitasi Sosial (Resos) Mlaten Atas, Kasmadi mengatakan, di lokalisasi Gambilangu Kendal, terdata ada 250 PSK. Namun, hanya sekitar 100 orang yang menerima kompensasi.

“Sebelumnya ada 145 orang yang mengajukan mendapatkan kompensasi, namun hanya 100 orang saja yang disetujui. Tali asih atau kompensasi ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha,” katanya.

Dia mengatakan, Papan nama penutupan lokalisasi yang sudah ditandatangani itu kemudian dipasang di depan pintu gerbang Dusun Mlaten Atas Sumberejo Kaliwungu, Kendal dan di Dusun Rowosari Atas, Kelurahan Mangkang Kulon, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Editor : Kastolani Marzuki