2 Warga Klaten Jadi Korban Tawon Vespa dan Dirawat Intensif di RS

Kuntadi, Saeful Efendi ยท Jumat, 31 Januari 2020 - 09:54 WIB
2 Warga Klaten Jadi Korban Tawon Vespa dan Dirawat Intensif di RS
Tawon Vespa. (Foto: Istimewa)

KLATEN, iNews.idKorban sengatan tawon vespa affinis di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng) bertambah. Dua korban disengat tawon dan hingga kini masih dirawat intensif di RS PKU Muhammadiyah, Delanggu.

Salah satu korban, Legiman, warga Desa Duwet, Kecamatan Wonosari, Klaten. Sekujur tubuhnya masih memerah bekas sengatan tawon vespa affinis.

Sebelumnya, Legiman sempat pingsan dan muntah usai diserang ratusan tawon vespa affinis. Setelah sempat mendapatkan perawatan, kondisinya kini mulai membaik.

“Awalnya saya perbaiki paralon air di rumah Murgito, tanpa sengaja menyentuh sarang tawon,” kata Legiman, Kamis (30/1/2020).

Akibat sarang yang terletak di pohon Tetehan terkoyak, korban diserang ratusan tawon. Saat itulah kepala dan sekujur tubuhnya terkena sengatan tawon.

Korban lain yakni Murgito, yang juga warga Desa Duwet, Wonosari. Kedua korban yang dikejar sudah berlarian, namun tetap saja tawon ini mengejar, hingga Legiman pingsan.

Murgito yang sempat mengantar Legiman ke rumah sakit, akhirnya ikut pingsan begitu sampai lokasi. Kondisi keduanya kini semakin membaik.

Sementara, sarang tawon yang menyerang korban langsung dimusnahkan relawan pembasmi tawon Rabu (29/1/2020) malam agar tidak ada lagi korban sengatan. Pemerintah Kabupaten Klaten mengimbau warga untuk melaporkan kepada petugas pemadam kebakaran atau relawan pembasmi tawon jika di lingkungannya ditemukan sarang lebah.

Sebelumnya, seorang warga Klaten tewas usai disengat tawon vespa pada pertengah bulan lalu. 


Editor : Umaya Khusniah