25 Relawan Disiagakan di Jalur Pantura Semarang Antisipasi Banjir Rob

Okezone, Taufik Budi ยท Jumat, 31 Mei 2019 - 10:11 WIB
25 Relawan Disiagakan di Jalur Pantura Semarang Antisipasi Banjir Rob
Para relawan yang bertugas menjaga di sepanjang jalur mudik Pantura Semarang. (Foto: Okezone).

SEMARANG, iNews.id – Sebanyak 25 relawan ditempatkan di dua posko mudik jalur Pantura, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Mereka disiagakan untuk mengantisipasi banjir rob yang kerap melanda kawasan tersebut.

Koordinator FKPPI Community Jateng-DIY, RR Yetty mengatakan, bila terjadi banjir rob, mereka langsung bergerak menghubungi operator-operator pompa yang telah disiapkan di sejumlah titik.

"Ada 25 petugas di dua posko mudik tepi Kali Tenggang dan Kali Sringin. Mereka akan bertugas selama 24 jam penuh untuk membantu pemudik," kata Yetty kepada wartawan di Posko Mudik Pantura, Kota Semarang, Jumat (31/5/2019).

Selain bersiaga banjir rob, kata dia, petugas posko ini turut membantu polisi mengatur arus lalu lintas kendaraan bila terjadi kepadatan.

Dia menambahkan, setiap posko juga dilengkapi fasilitas layanan medis untuk memberi pertolongan kepada para pemudik. Sedangkan mereka yang membutuhkan penanganan intensif, akan dirujuk ke rumah sakit.

"Tiap posko ini ada tenaga medisnya. Jadi bila pemudik sakit atau merasa tidak enak badan bisa periksa dulu di posko kita. Tidak perlu bayar, di sini gratis," ujar dia.

Berdasarkan pantauan di lokasi, arus mudik yang melintas Jalur Pantura Semarang terus meningkat. Kendaraan pemudik yang terdiri mobil-mobil pribadi dan sepeda motor berdatangan dari arah Jakarta.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal