3 Pastor di Gereja Purwokerto Positif Covid-19, Jemaat Akan Jalani Tes Swab

Antara ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 09:15 WIB
3 Pastor di Gereja Purwokerto Positif Covid-19, Jemaat Akan Jalani Tes Swab
Gereja dikosongkan sementara untuk proses sterilisasi. (Foto: Dok iNews).

PURWOKERTO, iNews.id - Tiga pastor di Gereja Katolik Keuskupan Purwokerto terkonfirmasi positif Covid-19. Para jemaat di tempat ibadah tersebut akan menjalani tes swab.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono mengatakan, rencanaya hari ini Minggu (2/8/2020) atau lusa (Senin) akan ada tes swab secara bertahap terhadap para jemaat gereja tersebut.

"Kami juga masih menelusuri riwayat perjalanan para pastor tersebut," kata Sadewo di Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), Minggu.

Menurut dia, pemeriksaan tidak bisa dilakukan massal, karena kapasitas laboratoriumnya terbatas. Selama ini sampel tes swab Covid-19 masih dibantu dari Salatiga, Yogyakarta dan Semarang.

"Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dalam waktu dekat sudah bisa. Di sana nantinya satu hari bisa menguji 200 sampel, bisa makin cepat," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Banyumas akan membahas masalah kasus Covid-19 di dua gereja Keuskupan Purwokerto tersebut pada Senin (3/8/2020) besok. Sebab melibatkan tokoh dan ormas keagamaan.

Saat ini dia meminta seluruh tempat ibadah di daerah itu tetap menerapkan protokol kesehatan. Meskipun dia meyakini sumber penularannya tak harus di dalam tempat ibadah.

"Diduga terjadi di ruang administrasi atau tempat lain. Karena dua karyawan pastor tersebut juga terkonfirmasi positif Covid-19," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal