3 Tempat Usaha dan Motor Terbakar Misterius di Karanganyar

Wahyuendro ยท Rabu, 06 Februari 2019 - 20:19 WIB
3 Tempat Usaha dan Motor Terbakar Misterius di Karanganyar
Bengkel warga yang terbakar di Desa Bangsri, Kecamatan Karangpandan. Bengkel ini terbakar misterius bersama dua bangunan lain di Kabupaten Karanganyar, Jateng, Rabu (6/2/2019). (Foto: iNews/Wahyeundro)

KARANGANYAR, iNews.id – Aksi pembakaran misterius terjadi di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng). Tiga tempat usaha dan satu sepeda motor terbakar pada Rabu dini hari (6/2/2019) di lokasi dan waktu yang berdekatan. Polisi masih menyelidiki kasus kebakaran beruntun ini.

Warga pertama kali mengetahui kebakaran di gudang dan bengkel milik Paryono, warga Dusun Ngringin, Desa Bangsri, Kecamatan Karangpandan. Kejadiannya diperkirakan sekitar pukul 01.00 WIB. Akibat kebakaran itu, bangunan semi permanen gudang dan bengkel, sejumlah onderdil kendaraan, dan satu motor hangus terbakar.

Beruntung, ada warga melintas yang melihat peristiwa kebakaran sehingga api dapat dipadamkam sebelum merembet ke rumah lainnya. Saat kejadian, rumah dalam kondisi kosong. Pemilik tinggal di rumah yang tak jauh dari lokasi. Belakangan diketahui kebakaran juga terjadi di dua lokasi lain.

BACA JUGA:

Lagi, Mobil Warga di Semarang Dibakar Orang Tak Dikenal

12 Mobil Dibakar OTK di Semarang, Polisi Bentuk Tim Khusus Buru Pelaku

Pemilik menduga kebakaran yang terjadi di gudang dan bengkelnya dilakukan pihak tak bertanggung jawab sebagai bentuk teror. Pasalnya dalam satu malam, kebakaran terjadi di tiga titik dengan waktu berdekatan dan jalannya sejalur.

“Awalnya saya pikir apa ada yang kesal sama saya. Ternyata di beberapa titik juga ada yang kebakaran, waktunya sama, jam 1 dini hari,” kata korban, Paryono.

Selain bengkel, kebakaran juga menimpa dua warung, masing-masing milik Sudarti di Desa Toh Kuning, Kecamatan Karangpandan, sekitar 2 kilometer (km) dari bengkel Paryono. Warung Sudarti yang berada di pinggir jalan rata dengan tanah setelah terbakar.

Satu kebakaran lainnya menimpa warung soto milik Ngadinem, warga Gayam Dompo, Kecamatan Karanganyar Kota, yang berjarak sekitar 3 km dari bengkel. Bangunan beserta isi warung ludes dilalap si jago merah.

“Kebakaran diketahui juga terjadi sekitar pukul 01.00 oleh warga sekitar. Ketahuannya setelah api besar, nggak ada yang bisa diselamatkan,” kata kerabat korban, Nining Wulandari.

Kapolsek Karangpandan AKP Ibaryadi mengatakan, kebakaran secara misterius yang menimpa tempat usaha milik warga ini masih dalam penyelidikan kepolisian. Mereka belum dapat menyimpulkan kebakaran misterius ini terkait dengan aksi pembakaran kendaraan bermotor yang terjadi di beberapa daerah di Jateng atau bukan.

“Kami masih mendalami penyebab pasti kebakaran tiga lokasi ini. Kami belum bisa menyimpulkan, sementara ini kami meminta keterangan saksi-saksi,” kata Ibaryadi.

Ibaryadi juga meminta warga untuk meningkatkan sistem keamanan lingkungannya dengan melakukan ronda malam menyusul rentetan kebakaran yang menimpa tempat usaha milik warga secara hampir bersamaan. Polisi juga mengimbau warga tetap tenang sekaligus meningkatkan kewaspadaan.


Editor : Maria Christina