Hikmah

4 Keistimewaan Surat Al Baqarah

Kastolani ยท Rabu, 19 Februari 2020 - 05:45 WIB
4 Keistimewaan Surat Al Baqarah
Membaca Alquran sangat besar pahalanya. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Surat Al Baqarah (sapi betina) merupakan surat kedua dalam Alquran setelah Al Fatihah. Surat ini banyak dibaca umat Islam saat tahlil terutama lima ayat pertama dan ayat kursi.

Ustaz Yusuf Mansur menyebutkan surat ini juga disebut as sinam atau puncak dari segala tuntunan ajaran Islam.

Ada beragam tema besar yang terkandung dalam surat ini mulai akidah, keesaan dan kekuasaan Allah, hukum-hukum Allah, nikmat-nikmat Allah kepada Bani Israil, dan kisah-kisah para nabi mulai Nabi Adam, Ibrahim, Musa dan kaumnya Bani Israil yang selalu mengingkari nikmat Allah.

Mufasir Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, Surat Al-Baqarah secara keseluruhan adalah Madaniyah tanpa ada yang memperselisihkannya. Surat Al-Baqarah merupakan surat yang mula-mula diturunkan di Madinah.

Khalid ibnu Madan mengatakan, "Surat Al-Baqarah adalah fustat (perhiasan) Al-Quran." Sebagian ulama mengatakan bahwa surat Al-Baqarah mengandung 1.000 kalimat berita, 1.000 kalimat perintah, dan 1.000 kalimat larangan. Sedangkan menurut orang-orang yang menghitungnya. di dalamnya terdapat 287 ayat, 6.221 kalimat, dan hurufhya berjumlah 25.500."

Imam Ahmad menceritakan, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Surat Al-Baqarah adalah puncak Alquran, diturunkan bersamaan dengan turunnya delapan puluh malaikat pada tiap-tiap ayatnya. Dikeluarkan dari Arasy firman-Nya, "Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya)".

Berikut keistimewaan Surat Al Baqarah dalam tafsir Ibnu Katsir dikutip dari quranpustaka:

1. Penghulu Ayat-ayat Alquran

Abu Hurairah ra menceritakan bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda:

"Segala sesuatu itu mempunyai punuk (puncak)nya tersendiri, sedangkan punuk Alquran adalah surat Al-Baqarah. Di dalamnya terkandung penghulu ayat-ayat Alquran, yaitu ayat Kursi".

2. Pelindung dari Setan

Di dalam kitab Musnad Imam Ahmad, Sahih Muslim, Sunan Turmuzi, dan Sunan Nasai disebutkan melalui hadis Suhail ibnu Abu Saleh, dari ayahnya, dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda:

"Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan. karena sesungguhnya rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah tidak akan kemasukan setan".

Ad-Darimi meriwayatkan pula melalui jalur Asy-Syabi yang mengatakan bahwa Abdullah ibnu Masud ra pernah mengatakan, "Barang siapa membaca sepuluh ayat dari surat Al-Baqarah di suatu malam hari, niscaya setan tidak akan dapat memasuki rumah itu pada malam tersebut. Yaitu empat ayat dari permulaan surat Al-Baqarah dan ayat Kursi, dua ayat sesudah ayat Kursi, kemudian tiga ayat pada bagian terakhir." Di dalam riwayat lain disebutkan bahwa setan tidak dapat mendekati rumah itu, tidak dapat pula mendekati penghuninya pada malam tersebut, tidak pula sesuatu yang tidak disukai akan menimpanya. Tidak sekali-kali ia dibacakan terhadap orang gila melainkan pasti sadar dari penyakit gilanya.

3. Membawa Berkah

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Naim, yaitu Bisyr ibnu Muhajir; telah menceritakan kepadaku Abdullah ibnu Buraidah, dari ayahnya yang menceritakan: Ketika ia berada di hadapan Nabi Saw., ia mendengar Nabi bersabda: Pelajarilah surat Al-Baqarah, karena sesungguhnya mengambil surat Al-Baqarah membawa berkah, dan meninggalkannya mengakibatkan penyesalan, dan sihir tidak dapat mengenai pemiliknya.

4. Syafaat di Hari Kiamat

Abu Umamah yang menceritakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah saw bersabda: Bacalah Alquran, karena sesungguhnya Alquran memberi syafaat kepada pembacanya kelak di hari kiamat. Bacalah surat zahrawani —yaitu Al-Baqarah dan Ali Imran— karena sesungguhnya keduanya akan datang di hari kiamat bagaikan dua awan atau dua naungan atau dua kelompok besar burung yang terbang berbaris; keduanya akan datang membela para pembacanya.

Wallahu A'lam Bishshawab.


Editor : Kastolani Marzuki