400-an Rumah Rusak dan 2 Ambruk Diterjang Angin Kencang di Grobogan Jateng

Rustaman Nusantara ยท Jumat, 15 November 2019 - 10:55 WIB
400-an Rumah Rusak dan 2 Ambruk Diterjang Angin Kencang di Grobogan Jateng
Rumah warga di Grobogan ambruk setelah diterjang angin kencang. (Foto: iNews/Rustaman Nusantara).

GROBOGAN, iNews.id - Angin kencang melanda kawasan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), merobohkan dua rumah warga hingga rata dengan tanah. Sebanyak 400 rumah di desa wilayah tersebut mengalami kerusakan.

Dalam insiden yang terjadi Kamis (14/11/2019) kemarin, seorang lansia lumpuh, Mbah Wadiyem (70), sempat tertimbun reruntuhan rumahnya di Desa Randurejo, Kecamatan Pulokulon. Namun korban berhasil diselamatkan warga dan mendapat perawatan dari masyarakat sekitar.

Tetangga korban, Rusdiyanto mengatakan, saat ingin menyelamatkan korban, dia bersama warga sempat terkendala banyaknya kabel listrik putus yang diduga masih teraliri listrik.

"Akhirnya berhasil dibawa keluar," kata Rusdianto kepada wartawan di lokasi kejadian, Jumat (15/11/2019)

Kini dia tinggal di rumah anaknya yang tidak jauh dari lokasi rumah korban. Mbah Wadiyem mengalami luka di bagian tangan dan kaki akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Namun kondisinya masih stabil, sehingga tidak langsung dibawa ke rumah sakit.

Selain merobohkan rumah Mbah Wadiyem, angin kencang juga merobohkan rumah Jasman. Untung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, karena pria tersebut sedang duduk di teras rumah.

"Ada angin kencang ke arah rumah saya. Langsung lari keluar bersama istri," ujar dia.

Kepala Desa Randurejo, Daniel Martiknyo mengatakan, angin kencang merusak sekitar 400-an rumah di wilayahnya. Angin juga membuat jaringan listrik terputus dan sejumlah pohon tumbang.

"Rusak berat ada dua rumah, sedangkan rusak ringan seperti atap rusak ada 400-an rumah," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal