450 Prajurit Yonif 407/PK Dikirim Amankan Perbatasan RI-Malaysia

Ahmad Antoni ยท Selasa, 08 September 2020 - 14:15 WIB
450 Prajurit Yonif 407/PK Dikirim Amankan Perbatasan RI-Malaysia
450 prajurit Satgas Yonif 407/Padma Kusuma diberangkatkan untuk tugas operasi pamtas darat RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat.(Foto: Dok Pendam IV/Diponegoro)

SEMARANG, iNews.id - Sebanyak 450 prajurit Satgas Yonif 407/Padma Kusuma diberangkatkan untuk tugas operasi pengamanan perbatasan darat RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat. Upacara pemberangkatan dipimpin Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari di Pelabuhan Tanjung Emas, Selasa (8/9/2020).

Ratusan personel satgas yang berangkat menggunakan KRI Teluk Hading (538) ini berasal dari organik Yonif 407/Padma Kusuma dan satu Kompi dari Batalyon Kavaleri 2/Turangga Ceta. Tugas mulia menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini akan dijalankan selama sembilan bulan ke depan.

Agus Fadjari mengungkapkan satuan tugas akan membawa nama baik Kodam IV/Diponegoro, TNI bahkan bangsa Indonesia. Sehingga diperintahkan agar dalam melaksanakan tugas operasi dapat mempertanggung jawabkan dan mewujudkan kepercayaan itu dengan baik.

“Karena itu jaga kekompakan, loyalitas dan disiplin prajurit agar kalian dapat melaksanakan tugas dengan baik, selamat, aman dan berhasil," ucapnya.

Agus menambahkan, selain melaksanakan pembinaan teritorial untuk meningkatkan taraf hidup di wilayah perbatasan, personel juga harus memahami situasi dan kondisi wilayah perbatasan RI-Malaysia. Salah satu yang menjadi perhatian yakni penyelundupan narkoba.

“Beberapa permasalahan menonjol wilayah perbatasan yang perlu kalian waspadai adalah pelintas batas secara ilegal, penyelundupan narkoba, ilegal logging dan kerawanan terhadap kemungkinan pemindahan patok-patok batas negara oleh pihak Malaysia” ucapnya.

Jenderal bintang dua itu menekankan agar setiap tugas dan kegiatan dilaksanakan dengan benar sesuai prosedur yang telah dilatihkan. Kesalahan sekecil apapun dapat mengagalkan pencapaian tugas yang diemban.

“Jadikan pengalaman Satuan penugasan sebelumnya sebagai pelajaran berharga selama bertugas nanti. Jaga dan junjung tinggi nama baik Prajurit Diponegoro dengan menunjukkan pengabdian terbaik untuk bangsa dan Negara kesatuan RI," katanya.


Editor : Nani Suherni