5 Bendera PKS Dibakar Orang Tak Dikenal, Bawaslu Kendal Turunkan Tim

Eddie Prayitno ยท Kamis, 15 November 2018 - 22:14 WIB
5 Bendera PKS Dibakar Orang Tak Dikenal, Bawaslu Kendal Turunkan Tim
Tim investigasi Bawaslu mengecek lokasi bendera PKS yang dibakar orang tak dikenal. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Lima bendera Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang dipasang di pinggir Jalan Raya Cangkring-Srogo, Brangsong, Kendal dibakar orang tak dikenal, Kamis (15/11/2018). Pembakaran bendera ini diketahui pengurus PKS saat melintas di jalan raya tersebut dan kemudian melaporkannya ke Bawaslu Kendal.

Pengurus PKS itu mengetahui bendera partainya dibakar dari bekas abu dan sisa kain bendera yang ada ditutup tempat sampah tidak jauh dari tempat bendera tersebut dipasang. Tiang bendera juga masih terlihat, namun bendera sudah hilang dan sebagian dibakar orang tidak dikenal.

Bawaslu Kendal yang menerima laporan pembakaran bendera parpol dari seorang pengurus PKS langsung melakukan investigasi ke lokasi kejadian. Langkah ini dilakukan untuk mencari kepastian bendera PKS diambil orang atau dibakar sesuai dengan laporan yang diterima. Tim investigasi terdiri atas enam orang, yakni tiga dari Bawaslu dan tiga lainnya dari Panwas Kecamatan Brangsong.

“Karena ada laporan dari peserta pemilu terkait bendera parpol hilang dan dibakar orang yang tidak diketahui, kami kemudian turun tangan mencari bukti atas laporan tersebut,” kata Ketua Bawaslu Kendal Odiliya Amy Wardayani.

Tak hanya mencari informasi, kata dia, tim investigasi juga sempat melihat CCTV yang tak jauh dari lokasi. “Barangkali pada jam yang dicurigai ada orang yang membakar bendera, karena CCTV tidak menjangkau lokasi maka tim hanya minta informasi dari penjaga warnet,” ujarnya.

Pengurus PKS Kendal, Suroso mengaku dirinya tahu bendera partainya hilang atas laporan dari tim sukses. “Setelah dicek bendera tersebut tidak ada dan didapati bekas bendera yang dibakar di atas  bak sampah,” katanya.

Suroso berharap agar Bawaslu bisa mengungkap pelaku pembakaran bendera parpol. “Saya juga siap membantu Bawaslu terkait pemeriksaan untuk penyidikan,” ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki