Ada Kasus DBD Renggut 2 Warga, DPD Perindo Klaten Fogging Desa Ngawen

Saeful Efendi ยท Sabtu, 17 Maret 2018 - 13:28 WIB
Ada Kasus DBD Renggut 2 Warga, DPD Perindo Klaten Fogging Desa Ngawen
Petugas Rescue Perindo saat melakukan fogging di permukiman warga. (Foto iNews/Saeful Effendi)

KLATEN, iNews.id – Partai Perindo merespons cepat atas kasus dua warga asal Dukuh Sandelan, Desa Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, yang meninggal akibat terserang dugaan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Melalui organisasi sayap Rescue Perindo DPD Klaten, partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu melakukan pengasapan atau fogging di salah satu lokasi endemis DBD tersebut, Sabtu (17/3/2018).

Pantauan iNews, sedikitnya dua 2 RT dalam satu RW di pedukuhan tersebut yang menjadi target fogging. Titik-titik pengasapan dilakukan di kompleks permukiman warga, pekarangan, kebun hingga selokan. Pencegahan ini untuk memberantas jentik nyamuk aedes aegypti yang bisa menyebabkan penyakit DBD.

Bukan tanpa alasan, pemilihan lokasi tersebut berdasarkan atas adanya kasus DBD yang merenggut dua nyawa warga sekitar dua bulan lalu. Para warga setempat yang mengenal Partai Perindo dengan kegiatan beragam kegiatan sosial pun mengajukan permintaan untuk fogging. Permintaan itu langsung ditindaklanjuti dengan aksi nyata oleh Rescue Perindo DPD Klaten.


“DPD Partai Perindo Klaten bekerja sama dengan Rescue Perindo Jawa Tengah sehubungan dengan adanya permintaan warga untuk fogging. Kami berharap warga bisa terbebas dari penyebaran demam berdarah,” ujar Ketua DPD Perindo Klaten, Heru Dwi Giarto.

Sementara itu, Ketua RT Dukuh Sandelan, Suparno menuturkan sangat mendukung atas aksi fogging yang dilakukan Partai Perindo. Ia mengatakan, selama ini warga telah merindukan adanya kegiatan tersebut. Sebab, pada dua bulan sebelumnya, telah terjadi kasus DBD yang merenggut dua warganya.

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian Partai Perindo. Kami berharap Perindo menjadi partai besar yang peduli rakyat dan kian banyak anggotanya, khususnya di daerah kami,” tuturnya.

Selain mengadakan fogging, DPD Perindo Klaten juga memberikan edukasi kepada warga dengan memberikan pemahaman soal pencegahan DBD. Mulai dari sistem 5 M (menguras, menutup, menganti, mengubur, dan menaburkan)  hingga penerapan pola hidup bersih di masyarakat.


Editor : Donald Karouw