Air Laut Naik, Pulau Kecil Simonet di Pekalongan Tenggelam

Suryono Sukarno ยท Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:20 WIB
Air Laut Naik, Pulau Kecil Simonet di Pekalongan Tenggelam
Sebuah Pulau Kecil Simonet, Kecematan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah tenggelam. (Foto: iNews/Suryono Sukarno)

PEKALONGAN, iNews.id - Sebuah Pulau Kecil Simonet, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah tenggelam akibat banjir air pasang. Ratusan warga penghuni di pulau tersebut pun diungsikan di gudang kosong.

Ratusan rumah warga di pulau ini terendam rob hingga 1 meter dan tak bisa ditempati lagi. Untuk menuju ke pulau ini, petugas harus menggunakan perahu rakit dengan waktu sekitar 15 menit.

Korban banjir rob dievakuasi tim gabungan dari TNI-Polri dan PMI ke sebuah gudang kosong. Jaraknya dengan permukiman warga sekitar 7 km. Proses evakuasi warga di tengah banjir cukup menegangkan. Apalagi ada beberapa warga yang sakit dan harus ditandu melintasi genangan air yang cukup dalam.

Sekitar 200 orang terpaksa harus berdesakan menjadi satu ruangan. Meski sedang pandemi Covid-19, langkah ini diambil karena tak ada tempat lain lagi.

Kapolres Pekalongan AKPB Aris Tri Yunarko menyebutkan pengungsi masih banyak membutuhkan bantuan. Mulai dari kebutuhan pokok hingga pakaian.

TNI-Polri pun menyalurkan bantuan untuk para pengungsi banjir ini sebagai bentuk kepedulian. Bantuan yang diberikan yakni beras, telor dan mi instan. Area terdampak juga tetap dipantau, hal ini untuk mengantisipasi adaya warga yang membutuhkan bantuan.

"Pengamanan ada dari polsek apabila ada warga yang membutuhkan warga yang terdampak rob," ujar Aris Tri Yunarko.

Sementara itu, Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti menyebutkan kondisi warga yang mengungsi cukup baik. Tim medis dari puskesmas selalu siaga dan jika ada yang darurat.

"Petugas puskesmas kita minta standby jadi kesehatan mereka tetap kami pantau," ucap Arini.

Dari informasi yang dihimpun tim iNews, banjir air pasang kali ini yang terparah sejak beberapa tahun terakhir. Berbagai upaya sudah dilakukan oleh pemerintah daerah, seperti membangun tanggul raksasa di tepi pantai.

Puluhan pompa juga dipasang agar tidak terkena banjir. Namun ternyata rob kali ini sangat besar dan menenggelamkan dua kecamatan di Kabupaten Pekalongan yaitu Tirto dan Wonokerto serta satu Pulau Kecil Simonet yang tak bisa dihuni lagi.


Editor : Nani Suherni