AirNav Terima 23 Laporan Penerbangan Balon Udara Liar, Didominasi di Atas Pulau Jawa

Antara ยท Senin, 09 Mei 2022 - 06:21:00 WIB
 AirNav Terima 23 Laporan Penerbangan Balon Udara Liar, Didominasi di Atas Pulau Jawa
Ratusan warga Pekalongan sedang mengamati festival Balloon Atraction Pekalongan 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Mataram Pekalongan, Minggu (8/5/2022). (Antara/HO-Humas Kota Pekalongan)

PEKALONGAN, iNews.id – Direktur Keselamatan, Keamanan, dan Standardisasi AirNav Indonesia Bambang Rianto menginformasikan telah menerima 23 laporan dari pilot adanya balon udara liar yang diterbangkan di sejumlah titik ruang udara. Jumlah itu terhitung sejak 2 Mei hingga 7 Mei 2022.

"Balon udara liar yang terbang bebas di sejumlah titik ruang udara itu didominasi di atas Pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 7,000–35,000 kaki di atas permukaan  laut," katanya, Minggu (8/5/2022).

Menurutnya, laporan tersebut diperoleh dari Lima Cabang AirNav, yaitu Cabang Makassar Air Traffic Service Center (MATSC – 5 laporan), Semarang (3 laporan), Solo (1 laporan), Yogyakarta (7 laporan), dan Denpasar (1 laporan).

Balon udara yang diterbangkan secara liar itu, kata dia, memiliki potensi membahayakan tidak hanya bagi operasional penerbangan yang memiliki hak penggunaan ruang udara, namun juga bagi masyarakat sekitar yang nanti menjadi tempat pendaratan balon udara tersebut.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: