Akhir Februari 2020, 8 Gempa Guncang Jawa Tengah dan Sekitarnya

Antara ยท Sabtu, 29 Februari 2020 - 11:35 WIB
Akhir Februari 2020, 8 Gempa Guncang Jawa Tengah dan Sekitarnya
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

BANJARNEGARA, iNews.id - Stasiun Geofisika Banjarnegara, Jawa Tengah mencatat ada delapan gempa yang mengguncang wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Gempa tersebut terjadi sepanjang tanggal 21 hingga 27 Februari 2020.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi mengatakan, dari delapan gempa tersebut empat kejadian tersebar di Selatan Jawa Tengah, dua di Jawa Timur dan dua di Yogyakarta.

"Dari delapan kejadian gempa tersebut tujuh di antaranya berlokasi di laut dan satu di darat," kata Setyoajie, Sabtu (29/2/2020).

Selain itu, kata Setyoajie, dari delapan kejadian gempa tersebut, enam di antaranya memiliki kedalaman dangkal yakni di bawah 60 kilometer dan yang lainnya memiliki tingkat kedalaman menengah yakni antara 60 hingga 300 kilometer.

Sementara itu, dari delapan kejadian gempa tersebut sebanyak dua di antaranya memiliki magnitudo kurang dari 3. Enam kejadian lainnya memiliki magnitudo antara 3 hingga 5.

"Pada periode ini tidak terdapat gempa yang dirasakan," kata dia.

Lebih lanjut Setyoajie mengatakan, berdasarkan hasil pencatatan kejadian gempa tersebut dapat disimpulkan daerah Selatan Jawa merupakan daerah yang memiliki seismisitas yang aktif.

Hal ini disebabkan karena Selatan Jawa merupakan daerah pertemuan lempeng tektonik di mana lempeng Indo-Australia mensubduksi lempeng Eurasia.

"Pada umumnya gempa yang terjadi di wilayah ini berpotensi dirasakan dan merusak apabila magnitudonya semakin besar dan memiliki kedalaman dangkal," katanya.

Setyoajie akan terus melakukan pemutakhiran data terkait kejadian gempa dan akan menginformasikannya kepada masyarakat.

"Dengan memahami adanya sumber-sumber gempa dan potensi kebencanaan di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto