Asah Kemampuan Tempur, 1.046 Prajurit Elite Diponegoro Digembleng di Baturaja

Ahmad Antoni ยท Selasa, 06 September 2022 - 06:54:00 WIB
Asah Kemampuan Tempur, 1.046 Prajurit Elite Diponegoro Digembleng di Baturaja
Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono memberangkatkan 1.046 prajurit Diponegoro untuk mengikuti latihan antar kecabangan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif R 400/Banteng Raiders ke Baturaja. (Ist)

SEMARANG, iNews.id – Sebanyak 1.046 prajurit Diponegoro diberangkatkan untuk mengikuti latihan antar kecabangan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif Raider 400/Banteng Raiders ke Baturaja, Palembang, Sumatra Selatan. Upacara pemberangkatan dipimpin Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono di Dermaga Nusantara 1 Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Senin (5/9/2022).

Latihan yang akan digelar mulai 3 September hingga 3 Oktober 2022 nantinya akan memadukan beberapa kecabangan seperti Satpur, Satbanpur dan Satbanmin. Latihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknik, taktik dalam manuver lapangan pada operasi serangan tingkat Batalyon yang diperkuat dengan unsur unsur Bantuan Tempur dan Bantuan Administrasi serta operasi pertahanan dan serangan.

Pangdam mengatakan rangkaian kegiatan pada pemberangkatan akan melalui lintas laut dengan menggunakan 3 kapal Angkatan Laut, di antaranya KRI Banda Aceh (593), KRI Teluk Bintuni (520) dan KRI Teluk Palu (523). 

Nantinya akan dipadukan dengan Latihan Pendaratan Administrasi (Opsratmin) oleh Kolinlamil, bertujuan untuk memberikan gambaran pelaksanaan operasi gabungan antara AL dan AD.

Seusai melaksanakan pendaratan, para personel akan melaksanakan UST Kompi terintegrasi yang diselenggarakan oleh Rindam IV/Diponegoro, dilanjutkan dengan Latposko I YTP oleh Puslatpur Kodiklatad.

“Tujuan latihan YTP adalah untuk melatih Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM TNI AD), koordinasi dan kerja sama serta Olah Yudha. Maka seluruh unsur mulai dari Komandan hingga jajaran harus paham dan saling kerja sama agar pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” kata Pangdam.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: