Bagyo Wahyono, Si Penantang Gibran di Pilwakot Solo Punya Harta Rp1,98 Miliar

Okezone, Ary Wahyu Wibowo ยท Jumat, 25 September 2020 - 16:22:00 WIB
Bagyo Wahyono, Si Penantang Gibran di Pilwakot Solo Punya Harta Rp1,98 Miliar
Calon Independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) saat menyerahkan syarat dukungan ke KPU Solo, Jumat (21/2/2020). (Foto: Sindonews/Ary Wahyu Wibowo)

SOLO, iNews.id - Harta kekayaan Calon Wali Kota Solo yang maju dari jalur independen di Pilwalkot Solo, Bagyo Wahyono sekitar Rp1,98 miliar. Kekayaan yang dimiliki sangat jauh dibanding Calon Wali Kota Solo yang diusung PDIP, Gibran Rakabuming Raka yang mencapai sekitar Rp21,1 miliar.

Dari data di laman elhkpn.kpk.go.id tercatat Bagyo Wahyono memiliki tanah seluas 215 meter persei di Kota Solo dengan nilai Rp1,7 miliar. Kemudian alat transportasi dan mesin berupa mobil Daihatsu Xenia tahun 2009 senilai Rp75 juta, mobil Honda CRV tahun 2013 senilai Rp175 juta.

Dia juga tercatat memiliki sepeda motor yamaha BJB tahun 2017 senilai Rp12 juta, dan sepeda motor yamaha 2DP-R tahun 2018 senilai Rp18 juta. Sedangkan kas dan setara kas sekitar Rp7,5 juta.

Dalam kesempatan sebelumnya, Bagyo Wahyono yang berprofesi sebagai penjahit dan ketua RW enggan membeberkan mengenai harta kekayaan yang dilaporkan ke KPK. Dia menyebutkan, kekayaan pribadi yang dimiliki tidak banyak karena dirinya hanya penjahit kampung.

“Kalau penjahit itu itu piro (berapa) tho mas?. Nanti khan tahu,” ujar Bagyo Wahyono.

Penghasilannya tak seberapa karena hanya penjahit kampung. Sehingga pendapatan yang dimiliki wajar wajar saja. Langkah dirinya maju sebagai Calon Wali Kota sekaligus sebagai pendidikan politik yang benar karena tidak boleh menggunakan uang.

Dia justru merasa berutang budi dengan masyarakat dan siap mendengarkan aspirasi warga nantinya jika terpilih.Dia mengungkapkan pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) yang maju melalui jalur perseorangan merupakan koalisi rakyat.

“Artinya nglurug tanpo bolo (mendatangi tanpa menggunakan bala bantuan)," ucapnya.

Visi misi yang disampaikan sangat berbeda dan menjamin tidak akan menggunakan politik uang. Relawan yang mengusung Bajo justru iuran dan murni dari rakyat. Sehingga, Bajo juga tidak mengharapkan dukungan dari partai politik.

Pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo yang maju melalui jalur perseorangan tinggal selangkah lagi resmi menjadi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo.

Editor : Nani Suherni