Bandara Adi Soemarmo Perketat Protokol Kesehatan, Siapkan Fasilitas Rapid Test Rp150.000

Sindonews.com, Ary Wahyu Wibowo ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 08:58 WIB
Bandara Adi Soemarmo Perketat Protokol Kesehatan, Siapkan Fasilitas Rapid Test Rp150.000
Stiker panduan yang terpasang di Bandara Adi Soemarmo Solo dalam menerapkan kebijakan pembatasan social atau social distancing. (Foto: Dok Bandara Adi Soemarmo Solo)

SOLO, iNews.id - Bandara Adi Soemarmo Solo memperketat penerapan protokol kesehatan. Pengelola bandara juga menyediakan pelayanan rapid test di lokasi dengan biaya sesuai imbauan Kementerian Kesehatan sebesar Rp150.000.

"Dengan kenaikan jumlah penumpang, kami terus meningkatkan protokol kesehatan. Baik dari pengecekan dokumen, pengecekan suhu tubuh, penyiapan hand sanitizer dan pembersihan secara intens dan berkala dengan disinfektan," kata General Manager Bandara Adi Soemarmo Solo Yani Ajat Hermawan, Sabtu (11/7/2020).

Dia mengatakan, peningkatan penumpang terjadi baik dari datang maupun yang berangkat. Periode Juni hingga Juli saat ini, jumlah penumpang di kisaran 50-100 orang per hari.

Dalam penerapan new normal, pengelola bandara telah siap untuk menerapkan prosedur pelayanan kepada penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui Terminal Bandara Adi Soemarmo.

Hal ini tidak terlepas dari protokol kesehatan yang mengatur secara detail mengenai prosedur dan persyaratan yang dibutuhkan bagi calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan domestik dan internasional.

"Penerapan physical distancing, pengecekan dokumen kesehatan, dan pengecekan suhu tubuh tidak hanya bagi penumpang. Namun juga berlaku bagi mitra usaha dan seluruh personil yang bertugas di bandara," ujarnya.

Menurutnya, pengelola bandara juga mewajibkan para petugas untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) mulai dari kacamata pelindung (goggles), masker, dan sarung tangan.

Protokol kesehatan new normal ini merupakan komitmen untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh calon penumpang dan pengguna jasa di Bandara Adi Soemarmo Solo.


Editor : Reza Yunanto