Bangunan SDN 3 Nglinduk Grobogan Nyaris Roboh, Siswa Belajar di Teras Sekolah

Rustaman Nusantara ยท Minggu, 10 November 2019 - 14:15 WIB
Bangunan SDN 3 Nglinduk Grobogan Nyaris Roboh, Siswa Belajar di Teras Sekolah
Ruang kelas SDN 3 Nglinduk retak dan rawan ambruk membuat siswa belajar di teras sekolah. (Foto: iNews/Rustaman Nusantara).

GROBOGAN, iNews.id - Enam ruang kelas di SDN 3 Nglinduk, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), mengalami kerusakan parah. Selain pondasi dinding retak dan dikhawatirkan ambruk, kelas juga kerap kemasukan air saat hujan.

Pantauan iNews, siswa-siswi kelas 1 dan 2 terpaksa belajar di luar ruangan. Karena bangunan tampak miring dan rawan roboh. Para siswa pun mengeluhkan sempit serta tidak nyaman belajar.

"Kata hujan kemasukan air, jadi banjir," kata seorang siswi, Intan, di SDN 3 Nglinduk, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jateng, belum lama ini.

Kepala Sekolah SDN 3 Nglinduk, Wasti mengatakan, meski ruang kelas kurang nyaman dan mereka terpaksa belajar di teras, namun semangat belajar murid-muridnya tetap tinggi.

Menurut dia, kerusakan gedung sekolah sudah terjadi sejak tujuh tahun lalu, namun terparah pada dua tahun terakhir ini. Dia mengaku sudah mengajukan proposal ke dinas untuk perbaikan ruang kelas, namun belum ada realisasinya.

"Ini sudah parah. Dinding rentak, lantai basah, bahkan banjir kalau hujan," ujar dia.

Jika kondisi hujan deras maka seluruh ruang kelas ini akan terendam banjir lumpur. Kemudian para siswa dan guru harus bergotong royong membersihkannya sebelum memulai belajar mengajar di dalam kelas.

Pihak SDN 3 Nglinduk berharap agar pemerintah segera turun tangan untuk membangun seluruh ruang kelas yang sudah rusak tersebut. Dengan begitu, proses belajar mengajar bisa berjalan nyaman tanpa ada rasa ketakutan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal