Banjir Rendam 2 Desa di Kendal akibat Hujan Deras, Warga Bertahan di Rumah

Eddie Prayitno ยท Kamis, 02 April 2020 - 19:50 WIB
Banjir Rendam 2 Desa di Kendal akibat Hujan Deras, Warga Bertahan di Rumah
Banjir merendam dua desa di Kabupaten Kendal akibat hujan deras. (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Puluhan rumah warga dua desa di Kabupaten Kendal terendam banjir setelah hujan deras mengguyur wilayah itu, Kamis (2/4/2020). Dua desa tersebut yakni, Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu; dan Kebonadem, Kecamatan Brangsong.

Ketinggian banjir di rumah-rumah warga bervariasi antara 30-50 centimeter. Meski demikian, warga tidak sampai mengungsi.

Warga Kebonadem, Nasir mengatakan, banjir disebabkan hujan deras hingga membuat  sungai  tidak  mampu menampung debit air. “Banjir ini diakibatkan air dari Sungai Borong  naik dan masuk ke perkampungan karena tutup pintu air otomatis dicuri,” katanya.

Dia mengaku desanya menjadi langganan banjir tiap tahun. Namun, banjir tahun ini merupakan yang pertama kali sejak Januari 2020. "Air mulai masuk ke rumah tadi pagi sekitar jam 6," ucapnya.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan, ada puluhan rumah yang terendam banjir di dua desa. “Warga tidak mengungsi dan memilih bertahan di rumah mereka masing-masing,” ucapnya.

Dia mengatakan, banjir di Kebonadem terjadi akibat meluapnya sungai Borong. Hal itu dipicu rusaknya pintu air karena dicuri orang.

Sebelumnya, banjir merendam puluhan rumah warga di sekitar bantaran Kalibodri akibat tanggul sungai tersebut bocor. Warga sempat diungsikan ke masjid dan musala.


Editor : Kastolani Marzuki