Banjir Rendam Ratusan Rumah di Ulujami Pemalang, Polisi Evakuasi Warga 3 Desa

Suryono Sukarno ยท Kamis, 20 Februari 2020 - 19:26 WIB
Banjir Rendam Ratusan Rumah di Ulujami Pemalang, Polisi Evakuasi Warga 3 Desa
Tim Satgas Bencana Alam Polres Pemalang mengevakuasi warga korban banjir di Ulujami dengan perahu karet, Kamis (20/2/2020). (Foto: iNews/Suryono)

PEMALANG, iNews.idBanjir merendam tiga desa di Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang setelah wilayah itu diguyur hujan deras semalaman sejak Rabu (19/2/2020) malam hingga Kamis (20/2/2020) dini hari. Banjir diperparah dengan meluapnya Sungai Comal lantaran tak mampu menampung debit air hujan.

Banjir tersebut mengakibatkan ratusan rumah warga terendam. Tim Satgas Siaga Bencana Polres Pemalang pun diturunkan untuk mengevakuasi warga. Dari data Polres Pemalang, tiga desa yang terendam banjir yakni, Dukuh Sidomulyo Desa Pesantren sebanyak 450 rumah, Dukuh Karangsembung Desa Mojo (50 rumah), dan Dukuh Ujungkumpul Desa Limbangan. Banjir juga menghanyutkan satu kapal milik nelayan di Desa Mojo.

“Masing-masing wilayah yang terdampak banjir ini setinggi 30 sampai 50 cm,” ungkap Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu yang memimpin langsung evakuasi warga korban banjir.

Edy menjelaskan, banjir terjadi sekira pukul 05.00 WIB. Hujan deras menyebabkan Sungai Comal meluap hingga menggenangi rumah penduduk, tambak, dan persawahan setempat. “Polres Pemalang menerjunkan tim Satgas Siaga Bencana Alam ke tiga desa yang terdampak banjir di Kecamatan Ulujami,” ujarnya.

Menurut Edy, tim Satgas Siaga Bencana Alam disiapkan untuk kesiapsiagaan dan ketanggapsegeraan Polri saat terjadinya bencana alam.

“Dalam penanganan bencana ini tim satgas siaga bencana alam polres pemalang bekerjasama dengan TNI, BPBD Kabupaten Pemalang, Forkopimda, PLN dan PMI,” ujarnya.

Dia menambahkan dalam penanganan tersebut, Polres Pemalang telah menyiapkan satu truk dalmas, empat mobil dinas dan perahu karet ke lokasi banjir.


Editor : Kastolani Marzuki