Bayar Rental Mobil Pakai Uang Palsu, Pria di Temanggung Ditangkap

Antara ยท Kamis, 30 Agustus 2018 - 18:50:00 WIB
Bayar Rental Mobil Pakai Uang Palsu, Pria di Temanggung Ditangkap
Ilustrasi uang palsu. (Foto: Okezone)

TEMANGGUNG, iNews.id – Seorang pria di Temanggung, Jawa Tengh, ditangkap polisi lantaran ketahuan mengedarkan uang palsu. Pelaku ditangkap saat hendak membayar sewa mobil dengan uang pecahan Rp100.000 palsu senilai Rp1,5 juta.

Wakapolres Temanggung, Kompol Sugiyatmo mengatakan, tersangka atas nama Dahri (55) warga Dusun Tompak, Desa Gandurejo, Bulu, Kabupaten Temanggung, itu ditangkap berdasarkan laporan Nur Rois (38), warga Dusun Krajan, Desa Tampingan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal.

Sugiyatmo menuturkan, Nur Rois merasa ditipu oleh tersangka Dahri yang membayar uang sewa mobil dengan uang palsu. "Berdasarkan hasil penyelidikan, benar uang yang digunakan tersangka adalah uang palsu," katanya.

Dia menyebutkan ciri-ciri uang palsu secara kasatmata, antara lain, tidak ada tanda air dan jika diremas, tidak bisa kembali. Selain itu, kertas terlalu tebal, dan dari segi warna kabur atau luntur. "Polisi masih terus menyelidi asal muasal uang palsu tersebut," katanya.

Informasi yang dihimpun, tersangka Dahri yang juga merupakan residivis beberapa kasus kriminal ini mengaku mendapatkan uang palsu dari Udin warga Bandung, Jawa Barat. Dia mengaku membeli uang palsu pecahan Rp100.000 dengan bertemu langsung di Purwokerto. “Transaksinya Rp500 ribu uang asli mendapat Rp1,5 juta uang palsu,” ucapnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, Dahri masih meringkuk di sel tahanan Mapolres Temanggung untuk keperluan penyidikan lebih lanjut. Tersangka Dahri dijerat Pasal 36 Ayat 3 Undang-Undang RI Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.


Editor : Himas Puspito Putra