BI Solo Fasilitasi Pengembangan Klaster Batik Girilayu

Ary Wahyu Wibowo ยท Jumat, 30 Juli 2021 - 15:45:00 WIB
BI Solo Fasilitasi Pengembangan Klaster Batik Girilayu
Perajin klaster batik Girilayu saat mengikuti pelatihan yang difasilitasi BI Solo dan Pemkab Karanganyar. Foto: Ist.

SOLO, iNews.id Bank Indonesia (BI) Cabang Solo bersama Pemkab Karanganyar memfasilitasi pengembangan klaster batik Girilayu melalui program pengembangan ekonomi dan keuangan berbasis kelompok subsistence. Program bertujuan meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM dan peningkatan literasi keuangan masyarakat. 

Pendampingan merupakan kelanjutan dari yang telah dilakukan sejak tahun 2020.  Pelaksanaan pendampingan klaster batik Giriarum, bekerja sama dengan implementing partner program UMKM Subsistence, Rumah Zakat Solo, yang telah berpengalaman dalam pengembangan program desa Berdikari. 

“Dari hasil identifikasi permasalahan yang dihadapi anggota paguyuban, antara lain terkait permodalan, mindset sebagai pekerja, pemasaran hingga perlunya inovasi untuk diversifikasi produk agar dapat bersaing di pasar. Selain itu dapat menjangkau pasar yang lebih luas, utamanya kaum milenial dan pasar global,” kata Kepala BI Cabang Solo, Nugroho Joko Prastowo, Jumat (30/7/2021). 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, telah disusun berbagai program pendampingan berupa peningkatan kapasitas SDM melalui serangkaian pelatihan. Sedangkan pelatihan kewirausahaan kali ini dilaksanakan secara daring. 

Hal ini mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 di Soloraya. Pelaksanaan secara daring juga untuk mendorong literasi digital anggota paguyuban.  

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: