BKSAP DPR Sosialisasi Diplomasi Parlemen di Kampus UNS

Antara ยท Kamis, 08 April 2021 - 20:07:00 WIB
BKSAP DPR Sosialisasi Diplomasi Parlemen di Kampus UNS
Ketua BPSAP DPR Fadli Zon. Foto: ANTARA/Sella Gareta.

SOLO, iNews.id - Badan Kerja Sama Antarparlemen (BKSAP) DPR menyosialisasikan diplomasi parlemen di kalangan kampus. Perguruan tinggi dipilih karena mahasiswa dinilai menjadi cikal bakal munculnya demokrasi di Indonesia.

"Tanpa mahasiswa kita tidak mungkin mengalami masa reformasi yang sangat legendaris tersebut," kata Wakil Ketua BKSAP DPR, Achmad Hafisz Tohir di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (8/4/2021). 

Selain menganggap mahasiswa sebagai media untuk menyosialisasikan diplomasi parlemen, kalangan ini juga menjadi agen perubahan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jadi pemikiran-pemikiran mahasiswa itu tidak ada intrik-intrik politik, mereka begitu riil. Kami sampaikan di forum terhormat ini, tugas-tugas DPR yang kadang kala juga dikritisi secara positif oleh mahasiswa," katanya. 

Ketua BKSAP Fadli Zon mengatakan, kerja sama dengan perguruan tinggi negeri (PTN) merupakan bagian dari menjangkau diplomasi total.

"Jadi (diplomasi) bukan hanya pekerjaan dari Kementerian Luar Negeri dan duta besar yang ada di luar yang menjadi bagian diplomasi formal. Anggota DPR ini kan wakil rakyat, itu sudah ada di setiap negara. Dalam hal ini, kami ingin mengajak PTN untuk turut serta dengan pemerintah kota, dan pemerintah provinsi supaya diplomasi kita membawa sesuatu yang konkrit," katanya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo