Bongkar Jaringan Narkoba, Polisi Tangkap Sipir Lapas Nusakambangan

Heri Susanto · Kamis, 14 Juni 2018 - 12:36:00 WIB
Bongkar Jaringan Narkoba, Polisi Tangkap Sipir Lapas Nusakambangan
Polres Cilacap dan Koordinator Lapas Nusakambangan saat jumpa pers penangkapan sindikat narkoba. (Foto: iNews/Heri Susanto)

CILACAP, iNews.id – Satuan Narkoba Polres Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), membongkar jaringan penyelundupan narkoba di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan. Polisi meringkus tiga pelaku sindikat penyelundupan yang melibatkan seorang petugas sipir Lapas Kembang Kuning berinisial SY, Rabu (13/6/2018).

Dalam pengungkapan kasus itu, polisi menyita ribuan butir ekstasi dan 75 gram sabu dalam paket kecil yang hendak diselundupkan. Selain SY, polisi juga menangkap narapidana kasus narkotika berinisial RW, dan warga Kelurahan Gumilir, Cilacap, berinisial DA.

Hasil penyelidikan, para pelaku memiliki peran berbeda dalam jaringan tersebut. SY yang berprofesi sebagai sipir LP Kembang Kuning, berperan sebagai kurir yang menerima paket sabu dari Jakarta dan menyelundupkan barang haram tersebut ke dalam Nusakambangan. Sementara RW, pengendali dari jaringan narkoba tersebut.

“Kami amankan sabu dari rumah dari seorang petugas sipir. Dia menerima upah setiap mengambil dan mengantar paket,” kata Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto, Rabu (13/6/2018).

Koordinator Lapas Nusakambangan Hendra Eka Putra tak banyak berkomentar soal penangkapan aparatur sipil negara (ASN) yang tertangkap atas keterlibatan kasus narkoba. “Aturannya yang bersangkutan akan dipecat,” ucapnya, singkat.

Selain menangkap ketiga pelaku, polisi juga menyita narkoba serta dua buah ponsel milik. Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan masyarakat terkait maraknya peredaran narkoba di LP Nusakambangan.

Ketiga pelaku saat ini mendekam di tahanan Mapolres Cilacap, Jateng, untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya. Mereka dijerat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: