BPBD Cilacap Antisipasi Bencana Hidrometeorologi saat Musim Hujan

Antara ยท Kamis, 16 September 2021 - 16:57:00 WIB
BPBD Cilacap Antisipasi Bencana Hidrometeorologi saat Musim Hujan
Tangkapan layar video banjir di Dusun Cirokol, Desa Brebeg, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap. Foto: ANTARA/Sumarwoto.

CILACAP, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap menyiapkan antisipasi kemungkinan bencana hidrometeorologi pada musim hujan. Kewaspadaan terutama di wilayah rawan banjir dan longsor. 

"Kami sudah melakukan pemberitahuan kepada camat untuk mengingatkan masyarakat terhadap kemungkinan datangnya musim hujan yang jauh lebih awal dibanding tahun sebelumnya. Itu sesuai rilis BMKG, termasuk ancaman bencana hidrometeorologi," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap, Wijonardi, Kamis (16/9/2021). 

Berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, pihaknya segera mengambil langkah antisipasi dan meminta para camat untuk menyiagakan material maupun personel, khususnya di desa-desa dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi.

Bahkan pihaknya juga telah menyiagakan perahu karet di sejumlah desa yang rawan banjir, seperti di wilayah Sidareja dan sekitarnya yang rutin terjadi banjir.

"Kami sudah cek persiapannya dan UPT (Unit Pelaksana Teknis) kami yang di Sidareja juga sudah dicek kesiapsiagaannya termasuk peralatannya. Perahu karet yang kurang sehat, ada yang bocor kayak di Majenang, sudah kami tarik ke sini (BPBD Cilacap) untuk diperbaiki," katanya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: