Budi Daya Tanaman Jeruk, Perempuan Asal Blora Ini Mulai Nikmati Keuntungan

Heri Purnomo · Selasa, 04 Mei 2021 - 21:12:00 WIB
Budi Daya Tanaman Jeruk, Perempuan Asal Blora Ini Mulai Nikmati Keuntungan
Budi daya tanaman jeruk yang dilakukan Sulastri warga Desa Tempelemahbang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora. Foto: iNews/Heri Purnomo.

BLORA, iNews.id - Sulastri (44) warga Desa Tempelemahbang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora sukses bertani tanaman jeruk. Lahan seluas 0,5 hektar, ditanami jeruk siam madu yang kini menghasilkan keuntungan. 

Terdapat 400 tanaman jeruk yang telah berbuah. Sulastri memilih jeruk karena perawatannya mudah dan jangka waktunya panjang. Setelah tiga tahun menanam, kini setiap bulan dirinya bisa panen. Lahan satu petak dapat menghasilkan 1 kuintal jeruk. Sedangkan harganya Rp13.000-15.000 per kilogram. 

"Kalau metik sendiri, saya hargai satu kilogram Rp15.000. Tapi kalau saya yang metik Rp13.000 per kilogram,” kata Sulastri, Selasa (4/5/2021).

Dirinya tidak perlu menjual jeruk ke pasar atau mencari tengkulak. Sebab hasil panen baru sebatas memenuhi pesanan tetangga atau temannya.

"Jadi saya tidak perlu ke pasar, cukup melayani tetangga dan teman-teman saja sudah lumayan," tuturnya.

Dalam merawat tanaman jeruk, cukup dengan pupuk kandang. Dirinya tidak memakai pupuk kimia karena mahal dan sulit didapat. Ia ke depan ingin tanaman jeruk yang dikembangkan bisa menjadi wisata edukasi. Selain bisa memetik sendiri, juga bisa menjual bibitnya.  

Editor : Ary Wahyu Wibowo