Buka Ruang Aduan lewat Medsos, Gibran Siap Merespons Cepat Keluh Kesah Warga Solo
SOLO, iNews.id – Sejumlah terobosan terus dilakukan Gibran Rakabuming Raka di awal kepemimpinannya sebagai Wali Kota Solo. Salah satunya dengan membuka ruang aduan masyarakat melalui media sosial.
Gibran berkomitmen untuk menanggapinya secara cepat. "(Solo) kan 'smart city', reformasi birokrasi, pokoknya kami ingin semuanya serba cepat," kata Gibran di Solo, Senin (1/3/2021).
Ia mengatakan hal ini sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada pelantikan kepala daerah beberapa waktu lalu. Yaitu kepala daerah diharuskan memiliki akun sosial media.
Selanjutnya, akun sosial media ini dijadikan sebagai kanal aduan masyarakat yang ingin menyampaikan keluh kesahnya kepada wali kota. "Kita sudah mulai, ada aduan masyarakat tentang aspal bolong, genangan air, secara fast respons kami tangani semua," katanya.
Ia mengatakan, selama ini Pemerintah Kota Solo sudah membuka ruang aduan dari masyarakat melalui program unit layanan aduan Surakarta (ULAS). Meski demikian, menurut dia, ULAS sifatnya kurang pribadi.
"(Dengan sosial media) warga akan lebih terbuka untuk sambat ke wali kota langsung. Kalau ULAS kan keluhan ditulis, dibaca banyak orang. Ini (sosial media) kan lebih private (pribadi), langsung fast respons (respons cepat)," katanya.
Dengan adanya aduan dari masyarakat yang masuk ke akunnya, maka wali kota bisa langsung melakukan koordinasi dengan dinas terkait. "Bisa diselesaikan dalam berapa hari. Yang pasti ULAS sudah berjalan baik tetapi akan lebih baik lagi kalau kepala daerahnya aktif di sosial media," ujarnya.
Editor: Ahmad Antoni