Bukan Dijual, Pria Ini Curi Ayam untuk Dilepas Lagi

Nani Suherni ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 19:00 WIB
Bukan Dijual, Pria Ini Curi Ayam untuk Dilepas Lagi
Ilustrasi penangkapan pencuri. (Foto: Okezone)

PURBALINGGA, iNews.id - Pria berinisial HS (50) diamankan Polsek Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah. HS tepergok mencuri dua ayam milik tetangga untuk dilepaskan di tempat lain.

Kapolsek Padamara AKP Tri Arjo Irianto mengatakan, pria tersebut diamankan warga di Desa Karanggambas, Kecamatan Padamara, Purbalingga. Dia diserahkan warga karena kedapatan mencuri dua ekor ayam milik Nirsam (55) warg Desa Karanggambas.

Setelah diperiksa, HS termasuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Polisi pun menyerahkan HS kepada keluarga kembali pada Senin (6/7/2020).

“Saat dilakukan pemeriksaan pria tersebut sulit berkomunikasi dan berbicara ngelantur. Akhirnya kita berkoordinasi dengan keluarganya serta perangkat desa,” katanya dilansir dari website resmi Polres Pubalingga, Selasa (7/7/2020).

Tri Arjo Irianto menjelaskan, hasil koordinasi dengan perangkat Desa Gemuruh dan keluarga pelaku, diketahui pria tersebut mengalami gangguan kejiwaan. Hal itu dibuktikan dengan surat keterangan dokter. HS pernah dua kali menjalani perawatan di Instalasi Kesehatan Jiwa RSUD Banyumas.

“Berdasarkan informasi pihak pemerintah desa, pria tersebut memiliki kebiasaan mengambil ayam milik warga. Namun ayam tersebut tidak dijual tapi dilepaskan kembali di tempat lain,” katanya.

HS yang mengalami gangguan jiwa tidak dilanjutkan proses hukum terhadap pria tersebut. Hal itu sesuai pasal 44 KUHP bahwa orang yang kurang sempurna akalnya atau sakit jiwa tidak dapat dipidanakan.

“Pria tersebut kemudian kita serahkan kepada pihak keluarga didampingi perangkat desa. Sedangkan dua ekor ayam dikembalikan kepada pemiliknya,” ucapnya.


Editor : Nani Suherni