Bupati Kendal Kesal Banyak Warga Miskin Tak Dapat Bantuan PKH

Eddie Prayitno ยท Selasa, 08 Januari 2019 - 17:46 WIB
Bupati Kendal Kesal Banyak Warga Miskin Tak Dapat Bantuan PKH
Bupati Kendal Mirna Annisa saat melakukan kunjungan kerja di Desa Kedungsureng. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Bupati Kendal Mirna Anissa dibuat kesal lantaran masih banyak pemanfaatan dana program keluarga harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos) tidak tepat sasaran.

Seperti saat Mirna melakukan kunjungan ke Desa Kedungsureng, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Selasa (8/1/2019). Mirna Annisa menerima aduan dan keluhan dari warga yang tidak terdata menjadi penerima bantuan tersebut. Padahal warga tersebut masuk dalam kategori tidak mampu dan kurang sejahtera, namun belum pernah mendapatkan bantuan.

Seorang warga, Turiyah mengaku belum didata menjadi penerima bantuan, padahal rumahnya sebagian masih menggunakan anyaman bambu dan mulai rusak. “Sampai saat ini belum pernah mendapatkan program keluarga harapan dari dinas sosial atau kemensos,” katanya.

Hal senada juga disampaikan warga lainnya, Rubiyanti. Dia mengaku tidak pernah mendapatkan program untuk masyarakat miskin. Dia berharap semoga penyaluran dana sosial tersebut bisa diverifikasi ulang supaya tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat yang membutuhkan.

Menanggapi keluhan dan aduan masyarakat, Mirna berjanji akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak yang menangani bantuan tersebut. Mirna juga akan melibatkan Babinsa dan Babinkantibmas dalam pemutakhiran data warga miskin di setiap desa.

“Sesuai data yang ada kemiskinan di Kendal mengalami penurunan hingga 9 persen  dari awal pertama menjabat yakni tahun 2016 sekitar 13 persen orang miskin,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki