Buronan Dugaan Kasus Korupsi Pertamina Marine Cilacap Ditangkap usai DPO 2 Tahun

Heri Susanto ยท Rabu, 05 Agustus 2020 - 09:17 WIB
Buronan Dugaan Kasus Korupsi Pertamina Marine Cilacap Ditangkap usai DPO 2 Tahun
AY terduga pelaku korupsi saat digelandang ke Kejaksaan Negeri Cilacap, Selasa (4/8/2020). (Foto: iNews/Heri Susanto)

CILACAP, iNews.id - Kejaksaan Negeri Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) menangkap buronan dugaan kasus korupsi Pertamina Marine Region Cilacap yang merugikan negara senilai Rp4 miliar. Terduga pelaku ditangkap di rumahnya di wilayah Sleman, Yogyakarta setelah menjadi daftar pencarian orang (DPO) selama dua tahun.

Terduga pelaku berinisial AY tiba di kantor Kejaksaan Negeri Cilacap pada Selasa (4/8/2020) malam. AY merupakan mantan karyawan Pertamina Marine yang melakukan korupsi senilai Rp4 miliar. Dia sudah menjadi DPO sejak tahun 2018. Penangkapan AY berkat kerja sama dengan berbagai pihak salah satunya KPK.

Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Tri Ari Mulyanto mengatakan, kasus ini terungkap saat AY menjabat sebagai senior supervisor di Pertamina Marine Region Cilacap tahun 2018. AY memiliki kuasa untuk mengelola keuangan perusahaan, salah satunya dana pendapatan negara bukan pajak (PNBP) pelabuhan.

"Tanggal 25 September 2018 telah dilakukan penyelidikan oleh Kejaksaan Negeri Cilacap, dalam prosesnya penyedikan terhenti karena yang bersangkutan (AY) DPO)," ucap Tri Ari Mulyanto, Selasa (4/8/2020).

Namun, tersangka disinyalir melakukan tindak pidana korupsi karena tak dapat mempertanggungjawabkan pengelolaan keuanganya hingga mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp4 miliar. Selanjutnya AY ditahan Kejaksaan Negeri Cilacap dan akan menjalani pemeriksaan.

"Tangal 7 Juli 2020 kami berkoordinasi dengan sejumlah pihak salah satunya KPK dan diselidiki yang bersangkutan (AY) ada di Sleman," katanya.


Editor : Nani Suherni