Cegah Cacingan, Siswa SD di Kendal Diajak Biasakan Cuci Tangan Sebelum Makan

Eddie Prayitno ยท Rabu, 16 Oktober 2019 - 00:45:00 WIB
Cegah Cacingan, Siswa SD di Kendal Diajak Biasakan Cuci Tangan Sebelum Makan
Siswa SD di Kendal diajak untuk membiasakan mencuci tangan pakai sabun sebelum makan. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno).

KENDAL, iNews.id - Kesadaran anak-anak usia sekolah melakukan cuci tangan dengan sabun sebelum makan masih sangat rendah. Mereka hanya membasuh tangan dengan air, sehingga kuman-kuman masih menempel.

Minimnya kesadaran mencuci tangan dengan sabun inilah yang membuat angka penderita cacingan dan penyakit menular lainnya kian tinggi.

Dari data yang ada angka kematian anak-anak akibat diare mencapai 5.000 balita tiap hari. Karena itu, kesadaran untuk mencuci tangan dengan sabun perlu ditingkatkan agar angka penularan penyakit bisa dikurangi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay mengakui, kesadaran anak untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan masih sangat rendah, padahal dengan cuci tangan menggunakan sabun. 

"Setidaknya mengurangi penularan penyakit dari kuman dan mencegah penyebaran cacingan pada anak,” katanya, Selasa (15/10/2019).

Karena itu, kata dia, bertepatan dengan hari cuci tangan dengan sabun sedunia tanggal 15 Oktober kesadaran anak-anak untuk melakukan gerakan cuci tangan ditumbuhkan.

Mereka diajarkan bagaimana caranya mencuci tangan dengan baik menggunakan sabun. Ada enam langkah mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari penularan penyakit dan penyebaran kuman.

Siswa SD 1 Tambahrejo, Elen mengaku, mulai membiasakan mencuci tangan dengan sabun. "Tadi saya diajari gerakan enam langkah mencuci tangan," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki