Cegah Corona, Pemudik dari Jakarta di Terminal Bawen Jalani Tes Kesehatan

Lurisa Lulu ยท Senin, 30 Maret 2020 - 11:05 WIB
Cegah Corona, Pemudik dari Jakarta di Terminal Bawen Jalani Tes Kesehatan
Pemudik dari Jakarta di Terminal Bawen, Semarang, Jawa Tengah (Jateng) diperiksa. (Foto: iNews/Lurisa Lulu)

SEMARANG, iNews.id - Direktorat lalu lintas Polda Jawa Tengah menggelar cek kesehatan para pemudik di terminal bus Bawen, Kabupaten Semarang. Para pemudik yang baru tiba dari Jakarta menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) wajib menjalani sejumlah pemeriksaan.

Para pemudik ini tidak diperbolehkan masuk ke area terminal sebelum disemprot disinfektan, thermal scan gun hingga wawancara riwayat perjalanan. Pemeriksaan yang dimulai pada Minggu (29/3/2020), itu untuk memastikan tidak adanya gangguan kesehatan mengarah Covid-19.

Jika nantinya ditemukan pemudik yang mengalami demam, batuk hingga suhu tubuh tinggi, petugas akan mengambil langkah karantina. Apalagi Jakarta sudah menjadi zona merah kasus virus corona.

"Ini untuk antisipasi menjalarnya virus yang dari Jakarta. Mereka yang pulang dari Jakarta cari makan katanya susah. Makanya mereka pulang cepat," ujar Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Subandriyah di Terminal Bawen, Minggu (29/3/2020).

Dia juga memastikan, semua penumpang dari Jakarta ini didata. Hal ini mengantisipasi lokasi tempat tinggal penumpang jika ditemukan gejala Covid-19.

"Selain suhu badan. Saya juga harus tahu di mana dia tinggal," ucapnya.


Editor : Nani Suherni