Cuaca Buruk, Jalur Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing Ditutup Sementara

Antara ยท Selasa, 07 Januari 2020 - 15:30 WIB
Cuaca Buruk, Jalur Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing Ditutup Sementara
Gunung Sumbing di Jawa tengah. (Foto: Antara)

TEMANGGUNG, iNews.id - Jalur pendakian Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di Jawa Tengah ditutup untuk sementara karena semakin buruknya kondisi cuaca di sekitar Jateng. Hal itu dilakukan untuk mencegah ada pendaki yang terjebak cuaca buruk.

Jalur pendakian yang ditutup adalah rute Kledung di Kabupaten Temanggung yang menuju Gunung Sindoro. Sementara jalur pendakian ke Gunung Sumbing adalah melalui Dusun Garung di Kabupaten Wonosobo.

Ketua Basecamp Gunung Sindoro Grasindo, Riyan Indra Prayudha membenarkan penutupan itu. Selain untuk mencegah terjadinya risiko cuaca buruk, dia juga mengatakan penutupan dilakukan untuk pemeliharaan ekosistem di jalur pendakian.

BACA JUGA: Gunung Arjuno Diramaikan 1.000 Pendaki, Intip Keindahan Puncaknya

"Penutupan terpaksa dilakukan karena kondisi cuaca yang semakin memburuk yang dapat mengancam keselamatan pengunjung," katanya.

Menurut Riyan penutupan bisa dilakukan sampai satu bulan ke depan. "Kemungkinan penutupan jalur pendakian selama sebulan atau bahkan lebih karena kami akan melakukan reboisasi tanaman yang bisa menampung air mengingat kondisi desa di Kledung untuk sumber air yang dari Gunung Sindoro minim," katanya.

Riyan mengatakan informasi mengenai pembukaan jalur akan disampaikan kemudian. Pembukaan akan dilakukan setelah melihat perkembangan cuaca dan keadaan jalur.

BACA JUGA: Video Evakuasi 13 Pendaki Terjebak Kebakaran di Gunung Raung

Sementara itu pengelola jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung, Kabupaten Wonosobo juga membenarkan penutupan jalur pendakian mulai 8 Januari 2020. Koordinator Pengurus Pendakian Gunung Sumbing via Garung, Edi Prasetyo mengatakan penutupan itu diputuskan usai diadakan rapat.

"Penutupan pendakian mulai 8 Januari 2020 sampai dengan pemberitahuan selanjutnya karena kondisi cuaca buruk dan dapat membahayakan keselamatan pendaki atau pengunjung. Penutupan juga dilakukan dengan maksud revitalisasi jalur pendakian," katanya.


Editor : Rizal Bomantama