Dampak Banjir Jakarta, Perjalanan Kereta Api di Stasiun Tegal Terlambat Berjam-jam

Yunibar ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 20:15 WIB
Dampak Banjir Jakarta, Perjalanan Kereta Api di Stasiun Tegal Terlambat Berjam-jam
Calon penumpang kereta api tertahan di Stasiun Tegal, Jawa Tengah, Selasa (25/2/2020). (Foto: iNews/Yunibar)

TEGAL, iNews.id - Banjir di Jakarta berdampak pada keterlambatan jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta api dari Jakarta menuju Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim), pada Selasa (25/2/2020). Keterlambatan kereta api berkisar satu hingga tiga jam terjadi di Stasiun Kota Tegal.

Data dari Daop 4 Semarang menyebutkan, sedikitnya 16 perjalanan kereta api terganggu akibat banjir Jakarta. Di antaranya KA Argo Muria, Kutojaya Utara, Bengawan, Argo Parahyangan, Gajangwong, Tawang Jawa Premium, Fajar Utama, Argo Dwipangga, Tegal Ekspress, Sawunggalih, Serayu, Taksaka dan KA Dharmawangsa.

Di Stasiun Tegal, KA Argo Muria (Gambir-Tawang) terlambat satu jam. KA Kutojaya Utara (Pasar Senen-Kutoarjo) terlambat tiga jam. Kemudian KA Bengawan (Pasar Senen-Solo) terlambat dua jam dan KA Dharmawangsa (Jakarta-Surabaya) terlambat dua jam.

Salah satu calon penumpang KA Dharmawangsa Khairul mengaku keretanya terlambat dua jam. Dia seharusnya dijadwalkan berangkat pukul 12.57 WIB. Kereta baru baru tiba di Stasiun Tegal pukul 15.00 WIB.

"Ini ada keterlambatan dua jam lebih. Saya tadi sampai sini padahal sudah jam 11.00," ucapnya, Selasa (25/2/2020).

Khairul mengaku tidak mengetahui kompensasi yang diberikan PT KAI untuk calon penumpang. Tetapi jika berkaca dari pelayanan maskapai penerbangan seharusnya penumpang kereta api juga akan menerima kompensasi.

"Kalau maskapai itukan biasanya ada makanan ringan atau kompensasi penggantian dana. Tapi kalau di PT KAI enggak tahu, enggak ada pemberitahuan juga," katanya.

Keterlambatan jadwal keberangkatan juga terjadi pada dua kereta api dari Tegal menuju Pasar Senen, yakni Tegal Ekspress dan Tawang Jawa Premium keberangkatan Tawang Semarang tujuan Pasar Senen. Karena keterlambatan tersebut, KAI Daop 4 Semarang mengimbau calon penumpang mengembalikan tiket ke loket stasiun jika ingin menggunakan moda transportasi lain.


Editor : Nani Suherni