Dampak Sirkulasi Siklonik, Waspada Hujan Ringan hingga Sedang di Semarang Hari Ini

Binti Mufarida · Kamis, 22 September 2022 - 06:27:00 WIB
Dampak Sirkulasi Siklonik, Waspada Hujan Ringan hingga Sedang di Semarang Hari Ini
Tugu Muda Semarang tampak dari udara(Foto: dok Pemkot Semarang)

JAKARTA, iNews.id - Sirkulasi siklonik terpantau hampir di seluruh wilayah Indonesia. Kondisi ini akan meningkatkan pertumbuhan awan-awan yang berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang hampir merata di seluruh kota-kota besar, termasuk Kota Semarang, Kamis (22/9/2022).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan sirkulasi siklonik ini terpantau di Australia bagian utara, serta daerah konvergensi yang terpantau memanjang dari Samudera Hindia selatan Banten tinggal Barat Bengkulu dari perairan Kepulauan Bangka Belitung hingga Laut Natuna. 

Kemudian, dari laut Jawa bagian timur hingga Kalimantan Tengah bagian selatan, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Sulawesi Tenggara bagian selatan hingga Sulawesi Selatan, dari Papua Barat hingga laut seram bagian timur dan di wilayah Papua.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” kata Prakirawan BMKG Hasalika Nurjannah dikutip dari Youtube resmi BMKG.

Lalu, bagaimana kondisi cuaca pada Kamis 22 September 2022? Nurjannah melaporkan di wilayah Sumatera khususnya di wilayah Bandar Lampung, Pangkal Pinang, Bengkulu, Jambi dan juga Pekanbaru diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan, kecuali di wilayah Palembang diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

“Kemudian di wilayah Medan dan juga Tanjungpinang diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Dan di wilayah Padang dan juga Banda Aceh diperkirakan akan berawan,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: