5 Destinasi Wisata di Solo Paling Hits, Wajib Masuk Bucketlist

Dimas Andhika Fikri ยท Kamis, 15 April 2021 - 20:00:00 WIB
5 Destinasi Wisata di Solo Paling Hits, Wajib Masuk Bucketlist
Keseruan Mengunjungi Destinasi Wisata di Solo (Foto: Instagram@gani_prastowo)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak destinasi wisata di Solo yang bisa dijelajahi wisatawan. Solo atau Surakarta memiliki segudang objek wisata yang menarik dikunjungi. Terutama bagi wisatawan yang memiliki minat khusus pada wisata sejarah dan alam.

Objek wisata di Kota Surakarta, seperti museum dan tempat-tempat menarik, menyuguhkan informasi seputar kekayaan budaya, sejarah, keindahan alam, hingga spot Instagramable.

Bila dalam waktu dekat ini Anda berencana berlibur ke Kota Solo dan sekitarnya, berikut MNC Portal rangkumkan 5 destinasi wisata di Solo yang sedang hits dan wajib dikunjungi.

1. Air Terjun Jumog

Foto: Instagram@air_terjun_jumog
Foto: Instagram@air_terjun_jumog

Untuk para pencinta alam, objek wisata di Solo juga punya spot wisata yang menarik untuk Anda jajal. Salah satunya Air Terjun Jumog yang sedang hits di kalangan milenial.

Lokasi air terjun setinggi 25 meter ini berada di Kabupaten Karanganyar, dengan jarak sekitar 41 km dari Kota Solo. Lalu apa keistimewaannya? Air Terjun Jumog memiliki panorama alam yang begitu memikat dengan aliran yang tidak terlalu deras. Jadi sembari menikmati udara sejuk, Anda juga bisa berenang di sekitarnya.

Tak perlu khawatir, tiket masuk ke tempat ini cukup terjangkau, hanya Rp5.000 saja per orang!

2. The Lawu Park

Objek Wisata The Lawu Park (Foto: Instagram@magetanbanget)
Objek Wisata The Lawu Park (Foto: Instagram@magetanbanget)

Bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa tapi sudah tidak tahan untuk liburan, datang saja ke Solo. Di sini Anda bisa merasakan sensasi menginap di resort unik yang berada di bawah kaki Gunung Lawu. Namanya The Lawu Park.

Resort berkonsep family ini menawarkan beragam fasilitas menarik yang dapat dinikmati pengunjung, mulai dari spot-spot Instagramable, berbagai jenis penginapan seperti cottage hingga glamping, kolam renang, kebun stroberi, restoran, dan masih banyak lagi.

Bila sekadar ingin mampir dan bermain di tempat ini, wisatawan tak perlu merogoh kocek sama sekali alias gratis!

3. Kraton Kasunanan

Keseruan Mengunjungi Destinasi Wisata di Solo (Foto: Instagram@gani_prastowo)
Keseruan Mengunjungi Destinasi Wisata di Solo (Foto: Instagram@gani_prastowo)

Destinasi wisata di Solo lainnya ada Kraton Kasunanan. Berlibur sambil belajar sejarah juga bisa Anda lakukan di solo. Datang saja ke Kraton Kasunanan. Istana dengan luas sekitar 54 are ini memiliki banyak koleksi seperti patung, senjata dan peninggalan kerajaan lain.

Ada juga bangunan menarik di Keraton Kasunanan, namanya Menara Sanggabuwana. Konon katanya, Menara Sanggabuwana menjadi tempat pertemuan antara Raja dan Ratu Laut Selatan. Menara yang dibangun oleh Sri Susuhan Pakubuwono III pada 1782 ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Pada zaman kolonial, menara ini berfungsi untuk memata-matai Belanda.

Kraton Kasunanan juga menyuguhkan warisan budaya yang unik seperti upacara adat, tarian dan musik. Lokasinya berada tepat di tengah Kota Solo, jadi sangat mudah untuk disambangi.

4. Oemah Bambu Merapi

Oemah Bambu Merapi merupakan destinasi wisata yang terletak di Tanjakan Gunung Merapi, Boyolali, Jawa Tengah. Lokasinya tepat di sebelah Selo Baru yang mana menjadi pintu gerbang pendakian gunung teraktif di Indonesia lho.

Oemah Bambu memiliki puluhan instalasi bambu yang menarik. Tiket masuk dipatok Rp10.000 per orang dan Anda bebas menjelajahi setiap bagian dan berfoto di antaranya. Ada menara, gang, palang atap terbuka, gazebo, dan dek observasi yang sangat Instagramable.

Dari deretan instalasi bambu, menara setinggi enam meter menjadi favorit pengunjung. Untuk mencapai puncak tertinggi, Anda perlu naik empat lantai dengan tangga yang ada di situ. Menara puncak hanya berkapasitas empat orang sehingga Anda harus mengantre sebelum naik ke dek tertinggi. Tapi, jangan khawatir. Untuk menjaga keamanan, pengelola memasang jaring di antara menara.

5. Alun-alun Kidul Surakarta

Suasana pasar rakyat di alun-alun kidul Kota Solo (Foto: iNews/Septiyantoro)
Suasana pasar rakyat di alun-alun kidul Kota Solo (Foto: iNews/Septiyantoro)

Setelah puas keliling Kota Solo, saatnya berburu beragam kuliner lezat untuk berbuka puasa. Nah, salah satu rekomendasi tempatnya adalah Alun-alun Kidul Surakarta. Tempat ini terletak di Pasar Kliwon, Jalan Gading, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Alun-alun Kidul Surakarta sangat populer karena menjadi rumah bagi berbagai kedai makanan, wahana karnaval, dan pemandangan kawanan kerbau yang dikeramatkan. Menarik bukan? Yuk menjelajahi destinasi wisata di Solo.

Editor : Vien Dimyati