Dibayangi Virus Korona, Warga Kendal Antusias Mencoblos di Pilkades Serentak

Eddie Prayitno ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 23:00 WIB
Dibayangi Virus Korona, Warga Kendal Antusias Mencoblos di Pilkades Serentak
PPS memasang poster bertuliskan imbauan tidak bersalaman saat pencoblosan dalam Pilkades serentak di Kendal, Rabu (18/3/2020). (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kendal tetap berlangsung di tengah pandemi virus korona (Covid-19), Rabu (18/3/2020). Warga pun tampak antusias menggunakan hak pilihnya. Pilkades serentak di Kendal ini dilaksanakan di 199 desa yang tersebar di 19 kecamatan.

Sekda Kendal, Mohammad Toha mengatakan, pemkab sebelumnya sudah melakukan monitoring dan mengimbau panitia pilkades di masing-masing desa untuk mengurangi berkumpulnya massa dalam pelaksanaan pemungutan suara. 

“Masyarakat diundang secara bergantian. Hal ini dilakukan agar agar antrean masyarakat tidak terlalu banyak, sehingga bisa mencegah penularan,” katanya.

Dia mengatakan, untuk mencegah penularan virus tersebut, warga yang hendak melaksanakan hak pilihnya dijadwal datang bergantian dan tiap tempat pemungutan suara (TPS) disediakan sabun cuci tangan atau hand sanitizer untuk mengurangi penyebaran virus.

“Warga yang sudah melakukan hak suaranya juga tidak berkumpul di TPS dan menunggu penghitungan dari rumah masing-masing,” ujarnya.

Ketua panitia Pilkades Desa Darupono, Sugiyono mengatakan, ada lima TPS yang disiapkan panitia dan semuanya sudah difasilitasi dengan sabun antiseptik serta tisu.

“Selain menyediakan sabun cuci tangan, kami juga melarang warga bersalaman atau bersentuhan sebagai langkah pencegahan,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki