Dibuatkan Sumur Bor, Anak-Anak di Ponpes Ini Tak Perlu Lagi Mandi di Sungai

Taufik Budi ยท Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:07:00 WIB
Dibuatkan Sumur Bor, Anak-Anak di Ponpes Ini Tak Perlu Lagi Mandi di Sungai
Anak-anak penghafal Alquran di Ponpes Tarbiyatul Hasanah Semarang saat menikmati air dari sumur bor. Foto: iNews/Taufik Budi.

SEMARANG, iNews.id - Anak-anak penghafal Alquran di Pondok Pesantren (Ponpes) Tarbiyatul Hasanah Semarang kini dapat tersenyum lebar. Mereka tak perlu lagi berjalan jauh untuk mandi di sungai, karena sumur bor telah beroperasi dan menjamin kebutuhan air bersih. 

Anak-anak ini tertawa riang sembari membasuh wajahnya dengan guyuran air yang cukup deras.  Santriwan dan santriwati Ponpes Tarbiyatul Hasanah, Gedawang, Banyumanik ini bergembira karena kebutuhan air bersih telah tercukupi.

Selama bertahun-tahun, mereka mandi di sungai karena dua sumur di lingkungan pesantren tak cukup untuk memenuhi kebutuhan 70 santri. Sementara langganan sumur artetis yang biayanya hingga Rp2,5 juta per bulan, menjadi beban yang sangat berat bagi pesantren. 

Mereka menyambut baik bantuan sumur bor yang digelontorkan Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat.   “Sumur sedalam 61 meter kini telah dioperasikan,  untuk memenuhi kebutuhan mandi sekaligus konsumsi bagi warga pesantren,” kata pengasuh Ponpes Tarbiyatul Hasanah, Muhammad Rois, Kamis (14/10/2021). 

Branch Manager Nurul Hayat Semarang Arfanu Romlan mengatakan, terdapat enam wakaf sumur yang dilakukan Nurul Hayat Semarang pada tahun 2021. Di antaranya adalah di Ponpes Al Hikmah Karangasem Demak, Ponpes Daarut Taufiq As Salamy Cepoko Semarang. 

Selain itu juga Ponpes Abu Dzar Bubakan Semarang, Ponpes Daarus Said Ngaliyan semarang, Ponpes Tarbiyatul Hasanah Gedawang Semarang dan Ponpes Darul Huda Mijen Semarang.  

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: