Dihukum Tak Pakai Masker, Pesepeda Ini Ngaku Tak Hafal Pancasila

Rustaman Nusantara ยท Rabu, 30 September 2020 - 10:45:00 WIB
Dihukum Tak Pakai Masker, Pesepeda Ini Ngaku Tak Hafal Pancasila
Razia masker digelar petugas gabungan Satpol PP dengan kepolisian dari Polres Grobogan di Jalan Jendral Sudirman, Rabu (30/9/2020) (Foto: iNews/Rustaman Nusantara)

GROBOGAN, iNews.id - Razia masker digelar petugas gabungan Satpol PP dengan kepolisian dari Polres Grobogan di Jalan Jendral Sudirman, yang berdekatan dengan kantor pemerintah daerah, Rabu (30/9/2020). Dalam razia petugas menemukan pesepeda yang tidak mengenakan masker, namun menolak dihukum karena tak hafal pancasila hingga lagu kebangsaan.

Razia masker yang digelas petugas gabungan kali ini menyasar pengendara sepeda motor, mobil, pesepeda hingga pejalan kaki. Dalam razia tersebut, petugas mengamankan beberapa pesepeda yang kedapatan tidak mengenakan masker.

Saat dihukum petugas, bocah yang mengaku duduk dibangku kelas lima SD ini mengaku tidak bisa menyanyikan lagu-lagu kebangsaan. Dia juga mengaku tak hafal pancasila.

"Enggak hafal pak," ucap bocah berambut panjang tersebut.

Sementara beberapa pengendara yang tidak mengenakan masker juga mendapatkan hukuman untuk membacakan aturan protokol kesehatan dengan menggunakan pengeras suara. Setelah dihukum, warga yang tidak mengenakan masker kemudian diminta kartu tanda penduduk atau kartu pelajar untuk didata.

Kabag Ops Polres Grobogan, Kompol Sutomo menjelaskan operasi yustisi ini sudah digelar sebanyak 455 kali. Setiap harinya ada tiga kali operasi yakni, pagi, siang dan sore.

"455 kali hasilnya, warga yang tidak pakai masker ada 3.430 orang itu teguran. Nanti mereka akan didata ketahuan melanggar lagi atau tidak," ucapnya.


Editor : Nani Suherni