Dinas Pertanian Semarang Cek Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Donny Marendra · Kamis, 15 Juli 2021 - 21:24:00 WIB
Dinas Pertanian Semarang Cek Hewan Kurban Jelang Idul Adha
Petugas Dinas Pertanian Semarang saat mengecek hewan kurban. Foto: iNews/Donny Marendra.

SEMARANG, iNews.id - Dinas Pertanian Kota Semarang memantau sejumlah lapak hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha. Pemantauan sebagai upaya memberi perlindungan kepada masyarakat dari peredaran hewan berpenyakit atau belum layak. 

Salah satu lokasi pemantauan adalah lapak pedagang di lapangan Jalan Jolotundo Semarang. Pemantauan dilakukan dengan memeriksa kesehatan hewan kurban yang diperdagangkan. Satu per satu hewan kurban jenis sapi dan kambing diperiksa kesehatan gigi dan mulutnya. 

“Selain memantau kesehatan secara fisik, kami juga memeriksa surat kesehatan hewan yang diterbitkan pemda asal hewan,” kata Pelaksana tugas Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Kota Semarang, Kusumawati Setyaningsih, Kamis (15/7/2021). 

Salah satu pedagang hewan kurban Nunung Wijayanti mengatakan, transaksi penjualan menurun dibanding tahun lalu. Meskipun tidak menaikkan harga, namun penjualan tetap saja sepi pembeli. 

“Tahun lalu bisa menjual ratusan kambing dan sapi. Namun sekarang sudah mendekati Idul Adha, baru bisa menjual 30 kambing dan 4 sapi,” kata Nunung.

Pedagang hewan kurban memasang harga Rp2 juta hingga Rp10 juta untuk satu ekor kambing. Sedangkan sapi harganya mulai Rp17 juta hingga Rp26 juta. Pedagang tidak akan menjual murah jika sampai Idul Adha masih sepi pembeli. Hewan selanjutnya akan dikembalikan ke kandang untuk diternak kembali. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: