Disambangi Bupati Wihaji, Warga Miskin Ini Berharap Dapat Bantuan Rehab Rumah

Suryono Sukarno ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 02:30 WIB
Disambangi Bupati Wihaji, Warga Miskin Ini Berharap Dapat Bantuan Rehab Rumah
Bupati Batang Wihaji saat menyambangi rumah Minal Abidin warga tidak mampu terdampak Covid-19. (Foto: iNews/Suryono Sukarno)

BATANG, iNews.idBupati Batang WIhaji menyambangi rumah Minal Abidin, warga miskin di Desa Lebo, Kecamatan Gringsing yang terdampak wabah Covid-19. 

Keluarga tersebut terdaftar Jaring Pengaman Sosial (JPS) Bantuan Pangan dari Pemprov Jateng sebesar Rp200.000 per bulan selama tiga bulan. 

Padahal kondisi rumahnya pun jauh dari kata rumah sehat dengan alas tanah dan dinding bambu serta menanggung biyaya hidup dua orang anak dan istri. 

Minal Abidin menggantungkan hidupnya dari kerja serabutan yang dalam kondisi sekarang tentunya jauh dari kata cukup, karena sudah beberapa bulan mengganggur. 

"Dari dulu bantuan dari pemerintah belum pernah mendapatkan, hanya kali ini terdaftar bantuan non-tunai pangan dari provinsi," Kata Minal Abidin saat disambangi Bupati Batang Wihaji dan Wakilnya, Suyono, Rabu (13/5/2020). 

Minal Abidin pun berharap dengan kunjungan dua pemimpin Batang itu bisa mendapat bantuan pemugaran rumah agar layak ditempati. 

Keluhan Minal Abidin langsung direspons Bupati Wihaji. Dia langsung melakukan sidak ke dalam rumahnya untuk melihat isi dapur. 

"Ternyata masih ada beras walaupun makan untuk hari ini, yang tidurnya hanya beralaskan tikar," kata Wihaji.

Menurut Wihaji, kalau melihat kondisinya jauh dari kata rumah sehat. Karena itu, dia meminta kepala desa (kades) dan camat untuk memprioritaskan rumah Minal Abidin itu masuk dalam program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). 

"Sing penting sabar, semangat mencari nafkah karena nasib orang tidak ada yang tahu mau jadi apa kita dan anak - anak ke depan," kata Wihaji.

Sebelum meninggalkan rumah Minal Abidin, Bupati Wihaji dan Wakil Bupati Suyono memberikan dua kantong beras, serta beberapa lembar uang kertas berwarna merah.


Editor : Kastolani Marzuki