Diterjang Gelombang Tinggi, Kapal Tongkang Angkut 11.000 Ton Batu Bara Kandas

Heri Susanto ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 09:32 WIB
Diterjang Gelombang Tinggi, Kapal Tongkang Angkut 11.000 Ton Batu Bara Kandas
Kapal tongkang pengangkut batu bara untuk bahan bakar PLTU terdampar di pantai Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: iNews/Heri Susanto)

CILACAP, iNews.id - Cuaca buruk berupa gelombang tinggi mengakibatkan kapal tongkang pengangkut batu bara untuk bahan bakar PLTU terdampar di pantai Cilacap, Jawa Tengah. Kapal tongkang dari Pulau Kalimantan itu miring dan nyaris tenggelam.

Proses evakuasi kapal tongkang batubara belum bisa di lakukan hingga Sabtu (1/8/2020) pagi. Pasalnya, selain kapal tongkang, kapal tag boat penariknya juga ikut kandas dihantam ombak.

Dari pantauan iNews, sebagian muatan batubara telah tumpah ke dalam lautan. Kapal tongkang ini, sedianya akan mengirim batubara ke PLTU Karangkandri, Cilacap.

Kapal tongkang ini mengangkut bahan bakar batubara sebanyak 11.000 ton dari Pulau Kalimantan. Nahas, saat akan bersandar di dermaga PLTU, cuaca buruk menerjang perairan Cilacap yang mengakibatkan kapal tongkang beserta kapal tag boat penarik kandas terseret ombak besar.

"Ini pas mau bersandar kena ombak," kata awak kapal pengangkut batubara Aminudin, Sabtu (1/8/2020).

Kuatnya gelombang perairan selatan Jawa membuat tag boat penarik tak mampu menahan kapal tongkang bermuatan penuh dan terseret ke hingga pantai. Evakuasi tongkang batu bara hingga kini belum membuahkan hasil.

Kondisi badan tongkang sebagian mengalami kerusakan yang mengakibatkan air laut masuk ke lambung kapal. Selain itu, kapal tag boat penarik tongkang juga menalami patah kemudi saat nahkoda mencoba menghindari terjangan gelombang tinggi.

"Ini sudah pasrah saja. Katanya (evakuasi) nunggu sekitar tanggal 4 (Agustus)," ujarnya.


Editor : Nani Suherni