Diusung 6 Parpol, Balgis-Machrus Bakal Lawan Kotak Kosong di Pilwalkot Pekalongan

Suryono Sukarno ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 23:00 WIB
Diusung 6 Parpol, Balgis-Machrus Bakal Lawan Kotak Kosong di Pilwalkot Pekalongan
Pasangan Balgis Diab dan M Machrus Abdullah resmi dideklarasikan sebagai pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Pekalongan. (Foto: iNews/Suryono)

PEKALONGAN, iNews.id - Pasangan Balgis Diab dan M Machrus Abdullah diprediksi akan melawan kotak kosong pada pemilihan wali kota (Pilwalkot) Pekalongan 2020. Prediksi itu menyusul bergabungnya enam partai politik (parpol) mendukungan pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan bertarung dalam Pilwalkot Pekalongan tahun 2020, Jumat (7/8/2020).

Pasangan tersebut diusung koalisi enam partai politik yakni Golkar, PKB, PKS, PAN, Gerindra dan NasDem. Deklarasi yang digelar di Gedung Aswaja tersebut dihadir Ketua DPW PKB Jawa Tengah, KH Yusuf Chudlori, Ketua DPD Golkar Jawa Tengah, Panggah Santoso dan juga pengurus dari seluruh parpol pengusung.

Bakal Cawalkot Pekalongan, Balgis Diab mengatakan, setelah deklarasi ini dirinya akan bergerak cepat untuk menyusun visi misi dan menyusun strategi dalam menghadapi pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Setelah ini kami akan bergerak cepat untuk kegiatan tahapan Pilkada dan bersama-sama menyusun visi misi lima tahun ke depan demi mewujudkan masyarakat Kota Pekalongan yang maju," kata Balgis yang juga Ketua DPRD Kota Pekalongan itu.

Dengan bergabungnya enam parpol dalam partai koalisi yang mengusung Balgis-Machrus, dia optimistis bisa meraup 70 persen suara dalam pilkada.

"Untuk saat ini harapan kami bisa 70 persen. Tapi karena politik ini dinamis, ke depan harapan kami bisa melebihi target tersebut," katanya. 

Dia juga mengklai dalam waktu dekat ada satu partai lagi yang segera merapat yaitu PPP. "Jika satu partai lagi merapat, maka mayoritas Parpol mendukung kami dan pasangan Balgis - Machrus  harus tetap siap maju melawan kota kosong," kata Balgis.

Diketahui, dari jumlah total 35 kursi DPRD di Kota Pekalongan, Golkar mendominasi dengan 9 kursi, PKB  7 kursi, PAN 3 kursi, PKS 3 kursi, Gerindra 2 kursi dan NasDem 1 kursi. Sedangkan  PPP 4 kursi, PDI P 5 kursi dan Hanura 1 kursi. 


Editor : Kastolani Marzuki