Drummer Belia Ini Padukan Metal dengan Musik Tradisional

Donny Marendra ยท Minggu, 12 Januari 2020 - 13:54 WIB
Drummer Belia Ini Padukan Metal dengan Musik Tradisional
Musisi Gilang Ramadhan dengan Monica Kezia Bunga Keinanti. (Foto: iNews.id/Donny Maendra)

SEMARANG, iNews.id - Seorang drummer belia berusia 14 tahun meluncurkan single perdana berjudul Panggrantesing Jagad. Uniknya single ini memadukan lagu berbahasa jawa dengan warna musik baru yaitu penggabungan musik metal dan gamelan.

Monica Kezia Bunga Keinanti, Sabtu (11/1/2020) malam meramaikan kawasan Kota Lama Semarang. Terkenal dengan nama panggung Bunga Bangsa, dia berkolaborasi dengan etnis gamelan Jawa asal Solo yakni vokalis pesinden, gitaris Agung Burgerkill dan sang kapten Arief.

BACA JUGA: Pemkab Gunungkidul Keluarkan Edaran Larangan Konsumsi Daging Hewan Sakit

Single Panggrantesing Jagad ini memiliki makna kesedihan bumi. Bunga mengaku sengaja memadukan dua genre musik tersebut karena menikmati musik metal dan ingin musik tradisional Jawa kembali digemari generasi millenial.

"Saya itu suka metal. Ketika memainkan metal itu saya enjoy gitu. Kalau gamelan itu sebagian generasi millenial jarang ada yang mau melestarikan kesenian tradisional ini," ujarnya.

BACA JUGA: Gibran Terciduk Datangi Tukang Cukur Langganan Semasa Kecil

Menanggapi peluncuran single Bunga, musisi Gilang Ramadhan menilai dibutuhkan kreativitas dalam melihat pasar. Langkah yang dilakukan Bunga saat ini bisa jadi membuat pasar baru.

"Kebanyakan artis-artis yang baru-baru mengikuti pasar. Mungkin Bunga yang mendesain pasar. Kelak nanti pasar yang luas adalah yang mengcreat pasar," ujar Gilang.

 


Editor : Nani Suherni